Bimtek Anggota PPD Bentuk Kesiapan Kabupaten Sorsel Gelar Pilgub Papua Barat Tahun 2017

MENARAnews, Sorong (Papua) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih bagi anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD), dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat tahun 2017. Kegiatan Bimtek dilaksanakan di Auditorium GKI Marthen Luther Wermit, Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan, Rabu (31/8/2016).

Ketua KPU Kabupaten Sorsel, Luxen Thesia, SE, mengatakan bahwa wilayah Imekko secara geografis sulit dijangkau. Maka itu lebih efektif KPU yang ke sana untuk memberikan Bimtek. Jadi di sana akan diikuti oleh anggota PPD dari Distrik Metemani, Kokoda, Kokoda Utara dan Inanwatan.

Para anggota PPD akan kembali dan melakukan bimtek dengan materi yang sama kepada para anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) di wilayah masing-masing. Dijadwalkan mulai tanggal 1 – 5 September 2016, semua anggota PPD sudah harus melaksanakan Bimtek kepada para anggota PPS dan PPDP.

“Selanjutnya, terhitung mulai tanggal 8 September sampai 7 Oktober mendatang, petugas PPS dan PPDP mulai melaksanakan tugasnya untuk melakukan pemutahiran data pemilih di wilayah kerja masing-masing” Ucapnya.

Pihak KPU Sorsel akan selalu melakukan monitoring di lapangan untuk melihat langsung pengembangan setiap tugas dan tanggungjawab yang dilaksanakan oleh PPD, PPS dan PPDP. Menurutnya, pemantaun ini perlu dilakukan oleh pihak KPU Sorsel, sehingga hasil pemutahiran data yang dilaksanakan PPS dan PPDP benar-benar valid.

“Dengan demikian diharapkan tidak akan terjadi lagi pendobelan nama data pemilih, akibat adanya perpindahan penduduk dalam wilayah Sorsel sendiri maupun masuk dari luar wilayah Sorsel. Bukan hanya itu, tetapi termasuk juga masyarakat yang sudah meninggal harus dihapus datanya dan juga penambahan pemilih bagi peserta pemilih pemula”. Imbuhnya.

“Data Penduduk Pemilih Pemilihan (DP4) Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Tahun 2017 yang diterima dari KPU RI untuk wilayah Kabupaten Sorsel sebanyak 42.539 pemilih. Data ini, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pemilu terakhir pada Pilkada Sorsel 2015 sebanyak 35.751 pemilih. Untuk itu saya minta agar seluruh petugas di lapangan melaksanakan tugasnya dengan teliti dan bertanggungjawab. Seluruh masyarakat harus terdaftar sebagai peserta pemilih dalam pemilu mendatang” tutupnya.

Kegiatan Bimtek diikuti oleh anggota PPD dari 11 distrik yang ada di wilayah daratan Kabupaten Sorsel. Sementara bagi 4 distrik lain di wilayah Imekko, akan dilaksanakan bimtek yang sama pada hari ini, Kamis (1/9/2016) yang dipusatkan di Distrik Inanwatan.

Comments
Loading...