Belum 100%, Disdikpora Sukamara Rencana Bagikan KIP Ke Warga Miskin

MENARAnews, Sukamara (Kalteng) – Penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang menjadi salah satu kartu ‘andalan’ Presiden Jokowi masih belum tersalurkan seluruhnya di Kab. Sukamara. Hal ini membuat Disdikpora Sukamara berencana akan membagikan KIP tersebut ke warga miskin.

Kepala Seksi Sekolah Dasar Disdikpora Sukamara, Suryanti, mengatakan rencana tersebut dipicu karena dari 864 kartu KIP yang menjadi jatah Kab. Sukamara, hanya 190 kartu saja yang baru disalurkan. Alasannya, banyak alamat penerima KIP tersebut ternyata tidak ditemui karena telah pindah rumah dan masih ada data KTP yang belum ter-update.

“Kami berencana akan membagi kartu KIP yang belum terealisasi kepada para warga dengan sasaran anak yang belum sekolah atau putus sekolah.” ucapnya.

Selain itu, penyaluran kartu KIP untuk jenjang SMA dan SMK di Sukamara sudah seluruhnya terealisasi. Jatah keseluruhan KIP untuk jenjang SMA dan SMK adslah 46 kartu dengan rincian 20 kartu untuk murid SMK dan 26 kartu untuk murid SMA. Sedangkan pembagian kartu KIP untuk jenjang SMP masih belum diketahui kejelasannya karena Disdikpora Sukamara menggandeng pihak ketiga untuk menyalurkannya.

“Penyaluran KIP untuk SMP dilakukan melalui pihak ketiga dan hingga saat ini belum ada SMP yang melaporkannya.” kata Suryanto.

Sementara itu, penyaluran untuk 2 kartu ‘andalan’ Jokowi lainnya, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Sukamara telah seluruhnya disalurkan. Kantor Pos Sukamara yang ditunjuk sebagai pihak penyalur KIS dan KKS telah membagikan sebanyak 462 KKS dan terdapat beberapa wilayah yang mengalami penurunan jumlah penerima KKS.

“KKS mengalami penurunan jumlah penerima, contohnya seperti Desa Karta Mulya yang menerima hanya 1 orang dan ternyata yang menerima orangnya sudah pindah tempat tinggal, untuk Desa Sedawak tidak ada warga yang dapat dan untuk Kelurahan Mendawai Sukamara yang sebelumnya ada 110 penerima kita hanya sekitar 30 orang saja yang menerima” terang Kepala Kantor Pos Sukamara Ngadimin.

Untuk KIS, Kantor Pos Sukamara mengaku sudah menyalurkan sebanyak 1.771 kartu dan dan bersumber dari APBN. Meski demikian, pihaknya menyebut bahwa masih ada beberapa kartu KIS dan KKS yang berada di Kantor Pos Sukamara karena penerima kartu tidak lagi tinggal dialamat yang tertera pada kartu tersebut.

“Memang ada beberapa kartu yang masih ada dikita namun kartu itu tidak diserahkan karena penemerima kartu sudah tidak ada ditempat. Oleh karena kami berencana mengembalikannya ke Pemerintah Pusat agar tidak disalahgunakan.” katanya.

Pihak kantor pos sukamara juga meminta kepada masyarakat yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan program KKS dan KIS namun sudah berpindah tempat tinggal kewilayah lain maka bisa melapor agar bantuan bisa tetap diterima ditempat yang baru. (Kontributor)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...