Tercatat 6.300 Warga Mukomuko Belum Rekam E-KTP

MENARAnews Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mukomuko mencatat sekitar 6.363 orang warga belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Sekretaris Disdukcapil Mukomuko, Drs. Yandaryat P mengatakan saat ditemui MENARAnews, Kamis (25/08/2016), dari total 116.839 orang warga wajib KTP, sudah 110.476 orang warga telah melakukan perekaman sedangkan sisanya belum.

Ia mengungkapkan dari 6.363 orang warga yang belum melakukan perekaman tersebut sekitar 1.183 diantaranya sebenarnya telah melakukan perekaman namun memiliki rekaman ganda. Sementara sisanya belum sama sekali melakukan perekaman.

“Ada sekitar 6.363 orang warga yang tercatat, seribu diantaranya itu sebenarnya sudah merekam tetapi datanya ganda sehingga tidak dapat dicetak” ungkapnya.

Ia menduga, warga yang belum melakukan perekaman tersebut banyak diantaranya telah meninggal, tidak waras atau gila, dan telah berpindah tempat tanpa melakukan pemberitahuan kepada pihak desa atau kecamatan.

Terkait hal itu, pihaknya akan segera mengintruksikan kepada seluruh kepala desa melalui kepala kecamatan untuk menelusuri warga yang belum melakukan perekaman.

Untuk warga yang telah meninggal dan tidak dilaporkan, diharapkan untuk dilaporkan ke Disdukcapil agar dihapuskan dari data kartu keluarga. Sementera untuk warga yang tidak waras dan telah berpindah tempat juga agar dikoordinasikan untuk ditindaklanjuti.

“Segera akan kami intruksikan kepada setiap kepala desa untuk menelusuri warga yang belum melakukan perekaman, apakah ada warga yang telah meninggal, gila, atau berpindah tempat tetapi tidak melaporkan” jelasnya.

Dari total 6.363 orang warga yang belum melakukan perekamanan tersebut, terbanyak berada di Kecamatan Ipuh dan Penarik yaitu 1.542 orang dan 1.455 orang. (AL).

Comments
Loading...