spot_img

Simposium Regional LP3ES Dorong Implementasi Nawacita di Daerah

MENARAnews, Medan (Sumut) – Dalam rangka 45 tahun Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penenranan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) gelar simposium mendorong implementasi Nawacita Jokowi. Simposium regional ini dilakukan pertama kali di Sumut dan Kota Medan jadi tempat pertemuan yang bekerjasama dengan Yayasan Bitra.

Sekretaris Badan Pengurus Harian LP3ES, Erfan Maryono bilang pada umur 45 tahun ini telah bertahan dalam upaya menyeimbangkan (kekuasaan) negara dan (agresivitas) pasar yang sesungguhnya belum memiliki pijakan politik yang kuat.

“LP3ES tumbuh bersama dengan berkembangnya Indonesia ke arah baru sebagai negara yang obsesif terhadap pembangunan di segala bidang,” ucap Erfan di Hotel Grand Serella Medan, Selasa (9/8/2016).

Erfan juga sebut kinerja LP3ES dalam melakukan berbagai kegiatan penelitian bisa berjalan dengan baik karena kerjasama masyarakat dan dukungan dari semua pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung.

“Kita juga mendorong agar program pembangunan Nawacita Presiden Jokowi dapat berjalan dengan baik. Melalui riset dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dapat mempercepat implementasi Nawacita,” jelas saat pada simposium yang bertema ‘Mewujudkan Indonesia Sejahtera, Implementasi Nawacita Dalam Perspektif Pelaku di Daerah’.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Bidang Hubungan Antar Lembaga Ilyas Asaad sebut dalam menyambut 45 tahun LP3ES telah banyak berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Menurut Ilyas, Indonesia memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa, bahkan masuk kedalam kategori 10 besar memiliki cadangan tambang mineral, logam dan minyak dan bahan bakar terbesar di dunia.

“Kita harus punya tata kelola yang baik dan terstruktur yang baik dan ketat agar SDA itu bisa dikelola demi kesejahteraan. Pembangunan juga harus berwawasan lingkungan dan bersifat berkelanjutan,” tutur Ilyas.

Ilyas menyebutkan permasalahan lingkungan hidup menjadi isu yang kerap diperbincangkan. Namun katanya, permasalahan itu tidak bisa dijadikan kerangka pembangunan yang ‘sustainable’ apabila tidak ada partisipasi dari masyarakat.

Untuk diketahui, simposium regional ini akan dilanjutkan di dua kota lainnya Makasar dan Malang. Selanjutnya akan digelar Simposium Nasional di Jakarta sebagai rangkaian puncak perayaan 45 tahun LP3ES. (Ded)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles