Setelah Longsor, Wilayah Ini Akan Dijadikan Pusat Ikon Kota Palangka Raya

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Peristiwa longsornya pinggiran sungai kahayan yang berada di Flamboyan bawah, Kel Pahandut kec. Jekan Raya cukup menyita perhatian pemerintah Khususnya Pemko Palangka Raya, Melalui Dinas Cipta Karya Tata Runag dan Perumahan Kota Palangka Raya bahwa pihaknya akan segera melakukan perbaikan.

Kepala Dinas Cipta Karya tata Ruang dan Perumahan, Drs. Rojikinnor mengatakan, bahwa areal tersebut nantinya akan dibangun Jalan Inspeksi dan tidak akan dibangun untuk perumahan kembali.

“Itu adalah Garis Sembada Sungai (GSS) sehingga tidak akan kami bangun kembali, sebab kawasan tersebut rentan akan abrasi dan membahayakan masyarakat, ternyata sebelum abrasi terjadi warga yang tinggal di area tersebut sudah pindah,” jelasnya saat ditemui diruangannya, Selasa (30/08/2016).

Dia melanjutkan, bahwa dalam waktu dekat area abrasi tersebut akan dibersihkan dari pemukiman dan akan dibangun Jalan Inspeksi, sebab itu sudah ada dalam perda yang mengatur bahwa Flamboyan Bawah akan menajdi pusat kota yaitu “water fron City”.

“Tindak lanjut pemerintah, pada tahun ini kawasan tersebut akan kami bersihkan, kami persilahkan masyarakat yang memiliki bangunan untuk mengambil bahan-bahan disitu, namun apabila tidak diabil juga maka kami yang akan membongkarnya,” tegasnya.

Dilanjutkannya, pada tahun 2017 mendatang area tersebut akan dibangun jalan inspeksi hingga Jembatan Kahayan untuk sisi sebelah kiri, sementara yang sebelah kanan akan kita lanjutkan hingga Pelabuhan Rambang, namun dilakukan secara bertahap.

“Terkait pembuatan Jalan Inspeksi, seluruh warga yang berada diaarea Flamboyan bawah semua setuju dan tidak ada masalah. Kita juga sudah melakukan pendekatan dan penjelasan kepada masyarakat Flamboyan,” ujarnya.

Salah seorang warga Flamboyan, Masmah, mengatakan bahwa pihaknya setuju dengan rencana pemerintah tersebut, asalkan tidak mengganggu kehidupan warga, sebab sesuai perbincangan sebelumnya, pemerintah hanya akan menata Flamboyan Bawah bukan memindahkan warganya.

“Setuju saja, beberaapa waktu lalu Wakil Walikota sudah turun dan berbincang dengan masyarakat terkait rencana tersebut, dengan mendengar apa yang dikatakan pemerintah kami tidak keberatan,” pungkasnya singkat.(Agus Fataroni)

Editor: HIdayat

Comments
Loading...