spot_img

Seminar Parenting TP-PKK Provinsi Jambi

MENARAnews, Jambi – Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola menegaskan bahwa orangtua merupakan pelaku utama dan pertama untuk memberikan rangsangan pendidikan kepada anak-anak.  Pernyataan ini disampaikannya saat membuka Seminar Sehari Tentang Parenting, Sabtu (13/8/2016) bertempat di ruang auditorium Rumah Dinas Gubernur. Kegiatan yang dilaksanakan oleh TP-PKK Provinsi Jambi dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Lydia Frehati Haswadi, Dr.Budi Prasojo, Dr.Sukiman Puspoyudha, M.Pd. Dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK juga memberikan materi Peran dan Komitmen TP-PKK Provinsi Jambi terhadap Pendidikan.

Kegiatan yang diikuti oleh 150 peserta ini diikuti oleh anggota TP-PKK dari beberapa Kabupaten dan Kecamatan se-Kota Jambi, organisai keagamaan, dan pendidikan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orangtua agar mampu menjalankan perannya sebagai salah satu dari Trisentra Pendidikan, terutama pengetahuan tentang model pola asuh dan manajemen keluarga guna mengoptimalkan potensi dan bakat anak. Ketua TP-PKK mengharapkan agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memberikan informasi yang didapat terhadap masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Dijelaskan oleh Ketua TP-PKK bahwa saat ini dampak dari pesatnya kemajuan teknologi informasi sangat berpengaruh terhadap perilaku masyarakat termasuk para orangtua dan anak-anak seperti perhatian anak dalam belajar serta pendampingan orangtua terhadap anak saat belajar terkalahkan oleh keasyikan dengan gadget dan tontonan media televisi.

“Saat ini perilaku kita cenderung lebih akrab pegang HP daripada pegang tasbih, membeli pulsa lebih royal dari memenuhi kebutuhan sekolah, tingkat emosional anak maupun orangtua terhadap anak relative tidak terkontrol. Pembiasaan mengucap salam, maaf, permisi, tolong, dan terima kasih sudah semakin jarang diucapkan,” ujar Hj.Sherrin Tharia.

Ketua TP-PKK melanjutkan bahwa dengan kehadiran para peserta di tempat ini sangat penting artinya karena orangtua adalah bagian dari ekosistem pendidikan. “Selaku orangtua kita ikut berperan membantu lembaga pendidikan dalam menjalankan proses pendidikan, pengajaran, pembimbingan, dan melatih serta mengawal anak-anak kita dalam mengembangkan potensi dirinya,” ucapnya.

Seminar Parenting ini akan memberikan informasi kepada orangtua tentang kiat-kiat, strategi, metode dan pendekatan yang penting dalam menerapkan pola asih, asah dan asuh yang baik dan benar terhadap anak-anak. “Perhatian dan kasih sayang kita sangat dibutuhkan oleh anak-anak kita, tidak saja kepada anak usia dini namun kepada anak-anak remaja pun tidak kalah pentingnya, kita juga harus berjuang dan bekerja keras menyiapkan generasi kita agar mampu menghadapi persaingan era globalisasi dan MEA, serta upaya mewujudkan Jambi TUNTAS tahun 2021 dan Indonesia Emas tahun 2045,” ucapnya.

Ketua TP-PKK mengingatkan bahwa saat ini kondisi orangtua sedang berada dalam perang modern melalui media online menebarkan isu-isu begatif dan menghujat berbagai elemen pemerintahan, tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Para orangtua, ulama dan guru serta anak-anak diasyikan dengan berbagai fitur entertainment dan game di media online yang murah dan mudah untuk diakses, sehingga kondisi ini mampu memutus komunikasi dan intervensi spiritual, kognitif, afektif dan motorik antara masing-masing subjek,” ujarnya. (DU)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles