Satu Pegawai Setwan Palangka Raya Positif Gunakan Sabu

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Senin, (29/08/2016) Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Palangka Raya melakukan tes urin secara mendadak kepada 79 staf di Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kota Palangka Raya, dari hasil tes urine tersebut satu diantaranya dinyatakan positif mengonsumsi narkotika jenis Sabu – sabu.

Menurut Ketua BNNK M Soedja’I, bahwa hasil tes urine tersebut membenarkan ada satu staf yang positif, staf yang dinyatakan positif tersebut berinisial RP.

“Hasil tes ada satu yang positif mengonsumsi narkoba,” kata Ketua BNNK Palangka Raya M Soedja’i Saat dikonfirmsi diruangannya, Selasa (30/08/2016).

Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Sekretaris dewan (Sekwan) mengenai kelanjutan dari oknum staf tersebut apakah ditindaklanjuti dengan penyidikan ataukah dengan rehabilitasi. Namun disisi lain BNNK menyarankan agar dilakukan rehabilitasi.

“Kita haanya bisa menyarankan untuk dilakukan rehabilitasi, namun sepenuhnya kita kembalikan kepada sekretaris dewan (sekwan) bagaimana kelanjutannya,” cetusnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K. Yunianto mengatakan, tes narkoba dilakukan karena barang haram tersebut sudah menyasar banyak kalangan baik PNS, karyawan swasta, honorer, juga tak luput kemungkinan Anggota DPRD.

Mengenai adanya temuan satu staf lingkup DPRD yang terindikasi positif sabu tersebut, Sigit menyerahkan kepada pihak BNNK untuk menyelidiki apakah yang bersangkutan sebatas korban atau aktif mengedar.

“Akan dilakukan pembinaan dulu,” katanya.

Informasi yang didiperoleh, Jumlah staf berstatus PNS di lingkup Setwan sebanyak 46 orang dan yang berstatus tenaga kontrak sebanyak 42 orang. Namun saat tes urin, hanya 43 PNS yang ikut tes urin karena 1 orang sedang proses hukum dan 2 orang sedang ijin, termasuk Sekwan, Siti Masmah.

Sedangkan dari total 42 Tenaga kontrak terdaftar, hanya 36 yang mengikuti tes urin. Sebabnya, 2 orang karena hamil sehingga tidak diperiksa, 1 orang karena kebetulan ijin, dan 2 orang mengundurkan diri sebagai tenaga kontrak. Menurut informasi satu tenaga kontrak yang terdeteksi positif Sabu tersebut adalah salah satu anak dari Anggota DPRD Kota Palangka Raya. (Agus Fataroni)

Editor: HIdayat

Comments
Loading...