Saraserahan Seren Taun Kasepuhan Cisungsang, Ritual Yang Dilakukan Sejak 700 Tahun Lalu

MENARAnews, Kabupaten Lebak (Banten) – Seren Taun (Serah Taun) merupakan salah satu ritual yang dilakukan oleh Masyarakat Kasepuhan Cisungsang yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Ritual ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa setelah panen padi dilaksanakan.

 “Seren taun ini merupakan upacara adat lebak selatan yang dilaksanakan setiap tahun, kegiatan ini sudah dilakukan sejak 700 tahun lalu dengan harapan pelaksanaan Seren Taun ini dapat menjembatani masyarakat dengan pemerintah agar pembangunan dapat berjalan lancar”, ujar Kepala Kasepuhan Cisungsang Abah Usep saat menyampaikan sambutannya. (28/08/2016)

Ia melanjutkan, mohon solusi kepada pemerintah Kabupaten Lebak maupun Pemerintah Provinsi Banten untuk menanggulangi secara bersama undangan yang hadir di Seren Taun yang selalu mengalami peningkatan.

“Kami mohon bantuan dana untuk pengadaan konsumsi bagi masyarakat yang menghadiri ritual adat Seret Taun,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Banten Rano Karno mengungkapkan, kunjungan masyarakat pada kegiatan Sarasehan ini selalu mengalami peningkatan. Untuk itu, pihaknya sudah memerintahkan ke Sekda untuk menganggarkan 1 millar tiap tahun untuk menanggulangi konsumsi bagi masyarakat yang menghadiri Seret Taun.

Di tempat yang sama, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya menuturkan, ritual adat ini harus kita pertahankan agar apa yang kita cita-citakan dapat terwujud sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Nantinya, lanjut Iti, kegiatan ini akan dijadikan agenda tetap pariwisata baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat pusat.

Pihaknya mengakui, anggaran pembangunan Pemerintah Kab. Lebak sangat terbatas dengan wilayah yang sangat luas sehingga tidak dapat memenuhi  semua pembiayaan keperluan masyarakat. (IY)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!