Rumah Pintar Pemilih, KPU Medan Ajak Lembaga Swadaya Masyarakat Benahi Penyelenggaraan Pemilu

MENARAnews, Medan (Sumut) – Rendahnya partisipasi Pemilu pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada 9 Desember 2015 lalu menjadi evaluasi bagi KPU Medan untuk berbenah diri. Sebagai satu dari dua kota di Sumut yang menjalankan program Rumah Pintar (Rupin) Pemilih, KPU Kota Medan berupaya menjaring partisipasi masyarakat agar pelaksanaan Pemilu dapat berlangsung dengan baik.

Ketua KPU Medan Yenni Khairiah Rambe, bilang Rumah Pintar Pemilih akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk belajar tentang pemilu. Harapannya sebit Khairina masyarakat bisa memahami tahapan penyelenggaran Pemilu. Aula KPU Medan nantinya akan direkayasa menjadi empat ruangan untuk menunjang pendidikan pemilih kepada peserta yang datang.

“Nantinya Aula ini akan kita bagi kedalam empat ruangan. Ada ruang audio visual, Ruang pameran, ruang simulasi dan ruang diskusi. Semuanya dibuat untuk memisahkan siapa saja yang datang kesini walaupun ukuran Aula ini terbatas,” jelas Yenni di KPU Medan, Senin (8/8/2016).

Rumah Pintar Pemilih ini juga direncanakan sebagai persiapan menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada 2018. Sebagi komitmen, KPU Medan akan melakukan berbagai upaya dengan melibatkan seluruh elemen untuk menyukseskan pesta demokrasi di Kota Medan.

Dalam pertemuan tersebut, peserta yang datang dari beberapa lembaga seperti Elsaka, Walhi Sumut, Pusaka, Kontras, Sintesa, LBH Medan serta beberapa lainnya diajak memberikan evaluasi dan ide-ide segar sebagai masukan kepada KPU Medan meningkatkan partisipasi politik warga Medan.

Peserta yang hadir juga mengikuti fokus grup diskusi (FGD) yang difasilitasi oleh Komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba. Dalam FGD itu, peserta diminta untuk mengevaluasi kinerja penyelenggara dalam pemilihan terakhir seperti Pileg, Pilpres dan Pilkada.

Di akhir pertemuan, perwakilan lembaga yang hadir bersama KPU Medan sepakat akan menjadi simpul KPU dalam setiap proses demokrasi di Kota Medan. Selanjutnya juga akan diadakan pertemuan yang membentuk suatu komunitas relawan yang bergerak memperjuangkan demokrasi di Kota Medan. (Ded)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles