Puluhan Petambak Udang Banda Aceh, Terima Pelatihan

MENARAnews, Banda Aceh (Aceh) – Puluhan petambak udang Banda Aceh menerima pelatihan budidaya udang dari Sustainable Fisheries Group atau salah satu LSM yang bergerak di bidang perikanan. Acara yang berlangsung di Meunasah Gampong Tibang, Banda Aceh ini diisi langsung oleh narasumber dari Karawang yang memang secara khusus ahli dalam bidang budidaya udang.

Riski Dwinanto, panitia acara, menjelaskan, pelatihan yang bertujuan untuk menyukseskan budidaya udang diadakan di seluruh Indonesia dengan target 5.000 orang peserta dan khusus untuk wilayah Provinsi Aceh 700 orang.

“Kami memilih memberikan pelatihan kepada petambak tradisional karena data kami menunjukkan terjadinya penurunan produktivitas tambak di seluruh Indonesia karena penyakit,” ungkap Riski Dwinanto.

Selain itu, penyelenggaraan acara pelatihan petambak udang juga dikoordinasian dengan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat.

“Kita harapkan setalah adanya pelatihan ini, Pemda setempat akan lebih aktif untuk menyelesaikan permasalahan petani udang. Sebagai contoh, Pemda dapat membuat sebuah program, salah satunya adalah pemisahan saluran pemasukan dan pengeluaran karena hal itu sulit dilakukan oleh petambak tradisional,” tuturnya. (AM)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles