Pimpin HUT Pramuka Tingkat Kabupaten, Bupati Irna: Potensi Anak Harus Ditumbuhkan Secara Maksimal

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pemerintah Kabupaten Pandeglang menggelar Peringatan Hari Pramuka Ke-55 Tahun 2016 Tingkat Kwartir Cabang Pandeglang di Alun-alun Kabupaten Pandeglang. Pada acara yang bertemakan “Kita Wujudkan Pramuka yang Keren- Gembira-Asyik” ini berlangsung cukup meriah dengan dihadiri beberapa pejabat dan toko Kabupaten Pandeglang seperti Wakil Bupati Pandeglang Tanto warsono dan Ketua Kuartir Cabang Pandeglang Dodo Djuanda, Sekda Pandeglang Aah Wahid, Letkol Inf. Ganiahardi selaku Dandim Pandeglang, dan AKBP Ari Satryawan selaku Kapolres Pandeglang.

“Masa depan yang lebih baik akan pernah datang dengan sendirinya, masa depan harus dirancang bersama-sama melalui pendidikan formal dan pendidikan kepramukaan,” ungkap Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menyampaikan sambutannya (31/08/2016)

Ia menambahkan, potensi yang dimiliki setiap anak tidak akan pernah tumbuh berkembang kecuali difasilitasi dan diberikan motivasi untuk tumbuh secara maksimal.

“Pada dasarnya, Dasadarma Pramuka menggambarkan bahwa kita selaku manusia harus mempunyai keterkaitan religius dengan yang Maha Pencipta, ikatan yang harmonis dengan alam, dan ikatan humanis dengan sesama manusia,” tutur Irna.

“Dasar-dasar nilai Pramuka yang harus dikembangkan adalah generasi muda harus menjadi generasi yang sehat, generasi yang cerdas agar nantinya dapat menghasilkan generasi bahagia, mandiri, dan produktif,” terangnya.

Bangsa yang maju, lanjut Irna, adalah bangsa yang mempunyai potensi yang luas dan didukung dengan kemampuan sumber daya manusia yang handal, bangsa yang mampu menciptakan beragam produk-produk yang kreatif dan inovatif yang dapat diterima dan dimanfaatkan oleh bangsa lain di seluruh dunia.

Berdasarkan pantauan dilapangan, Bupati Pandeglang memberikan penghargaan kepada Insan Pramuka Dewasa atas Pengabdiannya di Pramuka, berikut daftar penerima penghargaan:

  1. Djaja Rochani (Lencana Melati)
  2. Amir Mahmud (Pancawarsa IV)
  3. Encep (Pancawarsa IV)
  4. Hj. Epen (Pancawarsa III)
  5. Yuyun Yuliati (Pancawarsa II)
  6. Mela Pebriani Sari (Pancawarsa I)
  7. Irfan Shofwan (Pramuka Peduli)
  8. Aldo Marantika (Pelopor Tertib Lantas)
  9. Rina (Pelopor Tertib Lantas)
  10. Wahyudin Manf (Tiska Jamnas)
  11. Daningsih (Tiska Jamnas)
  12. Fadhlan (Tiska Jamnas)
  13. Gea Hadiani Utari (Tiska Jamnas)

Dengan di sematkannya lencana tersebut, Bupati Pandeglang berharap tidak hanya dijadikan simbolis penghargaan semata, akan tetapi jadi insan Pramuka yang dapat menjadi contoh insan Pramuka yang lain. “Semoga penghargaan tersebut bukan semata-mata simbolis seremonial semata, akan tetapi harus menjaga kode Etik Gerakan Pramuka dan mengaplikasikan dalam kehidupan sejari-hari,,” tutupnya.

Selain pemberian lencana, kegiatan juga dimanfaatkan dengan menampilkan Senam Dreal Tongkat dari Saka Bhayangkara Polres Pandeglang dan Senam Komando. (Az)

Editor: Irdan

 

Comments
Loading...