Pilkada Kobar, Kader PAN Pilih Jalur Independen?

Menaranews, Palangka Raya (Kalteng) – Sejumlah partai politik tampaknya sudah mempersiapkan beberapa nama yang nantinya akan disusung sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pempilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Barito Selatan (Barsel) tahun 2017 nanti.

Nama calon bisa berasal dari kader yang ditunjuk atau nama dari luar kader yang menginginkan dukungan melalui mekanisme pendaftaran dan melakukan komunikasi dengan partai sebelumnya.

Bagi nama atau tokoh di luar kader partai tentu sangat berharap sekali bisa diusung dan didukung sepenuhnya. Namun tidak demikian yang terjadi di Kabupaten Kobar dimana salah satu kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang maju dalam pemilihan malah berkeinginan melalui jalur independen.

Pelaksana Harian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Kalteng Ade Supriadi diwawancarai Rabu (03/08/2016) di Palangka Raya mengatakan, untuk Pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat, internal PAN sekarang ini mengalami dilematis.

Kenapa saya katakan dilematis, Ketua DPD PAN Kobar Eko Sumarno maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati berkeinginan untuk maju melalui jalur independen dan sekarang ini DPW PAN Kalteng sedang melakukan komunikasi kepada pengurus PAN Kobar,” jelas Ade Supriadi.

Dia menyampaikan,  PAN sebanarnya mendukung penuh kader yang berkeinginan untuk maju pada Pilkada tetapi jumlah kursi PAN Kabupaten Kotawaringin Barat belum mencukupi dan belum mendapatkan dukungan dari partai lain.

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan bagi PAN pada pelaksanaan kegiatan Pilkada 2017 di Kabupaten Kobar, pasalnya ketika tidak ada koalisi dari partai lain maka dimungkinkan PAN tidak akan mengusung nama pada Pilkada nanti.

Disampaikanya lebih dalam, untuk jumlah kursi PAN di Kabupaten Kobar saat ini hanya memiliki tiga kursi, sementara untuk bisa maju perlu minimal lima kursi. Sementara sampai saat ini Ade mengakui belum ada partai yang berkoalisi dengan PAN.

Sementara ini kita belum berkoalisi. Kemungkinan partai yang mendukung pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Suginato Sabran dan Habib Said Ismail kemarin bisa kita lakukan komunikasi kembali dan akan kita intensifkan lagi untuk pencalonan di Kobar dan Barsel,” jelas Ade menambahkan.

Saat ini PAN telah mengantongi dua nama akan yang disusung yakni, Eko Sumarno dan Bambang Purwanto (Bupati Kobar Sekarang.red). Pilkada baik di Barsel atau Kobar, PAN tetap membuka diri bagi tokoh atau masyarakat yang ingin mendaftar, meski sebelumnya jadwal penjaringan sudah selesai beberapa bulan yang lalu.

Hal tersebut, papar salah satu Anggota DPRD Provinsi Kalteng Ini, merupakan instruksi dan arahan dari Ketua Umum PAN Pusat, Zulkifli Hasan, PAN sampai sekarang tidak menutup pendaftaran bagi nama baru yang berkinginan untuk maju.

Sementara kesiapan PAN pelaksanaan Pilkada Barsel, pihaknya sudah melakukan komunikasi intensif dengan beberapa partai politik lain. Karena kursi PAN di Barsel sebanyak tiga kursi dan perlu koalisi dengan partai lain. Selama penjaringan, PAN Barsel sudah mengantongi sejumlah nama yang akan diputuskan, diantaranya, Edi Raya Samsuri, Satya Titiek Atyani Djoedir, dan  Rayuhani. (Arliandie)

Editor : Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles