Pendemo Sambangi DPRD Sumsel, Tuntut Plt. Bupati Muba dan Empat Lawang Didefinitifkan

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Sejumlah mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sumsel Untuk Demokrasi menggelar aksi unjuk rasa menuntut agar Pemprov Sumsel segera mendefenitifkan Plt. Bupati Musi Banyuasin (Muba) dan Plt. Bupati Empat Lawang. ‎Aksi tersebut dilakukan mereka di gedung DPRD Sumsel yang kebetulan tengah melaksanakan Sidang Paripurna dengan agenda jawaban Gubernur Sumsel terhadap pemandangan fraksi-fraksi DPRD Sumsel terkait Raperda Perubahan APBD 2016 (30/8).

Para pengunjuk rasa melalui koordinator lapangan, Totok Firdaus meminta agar adanya ketegasan serta tindakan yang cepat dari pemerintah dalam hal ini DPRD dan Pemprov Sumsel serta Kemendagri atas belum dilantiknya Plt. Bupati Muba dan Plt. Bupati Empat Lawang‎.

“Kami meminta ketegasan dan tindakan cepat terkait hal ini,” ucapnya.

Masih kata Totok, belum dilantiknya dua kepala daerah tersebut menjadi kekhawatiran pihaknya, pasalnya dengan kondisi tersebut akan banyak menimbulkan polemik dan hambatan. Salah satunya terbatasnya kinerja Kepala Daerah dan masyarakat di dua kabupaten tersebut. Sehingga masyarakat dirugikan, terlebih dalam waktu dekat Muba akan menggelar Pilkada.

“Kami juga mendesak dan menuntut DPRD serta Gubernur Sumsel untuk secepatnya melantik Plt. Bupati Muba dan Plt. Bupati Empat Lawang sebagai Bupati defenitif,” tegas dia.

Setelah beberapa waktu menjalankan aksi dan orasinya, massa akhirnya ditemui oleh beberapa anggota DPRD Sumsel, diantaranya Ketua Komisi I Kartika Sandra Desi, Ketua Komisi II Joncik Muhammad, Wakil Ketua Komisi I Husni Thamrin, dan beberapa anggota DPRD Sumsel lainnya.

“Kami selaku Wakil Rakyat akan menampung semua aspirasi ini, namun kami bukan eksekutor yang bisa memutuskan. Ini kebijakan Mendagri, tapi Apa yang disampaikan ini akan segera dibahas di komisi,” ungkap salah satu anggota DPRD Sumsel dari Partai Demokrat, Husni Thamrin kepada pendemo.

Pihaknya meminta kepada masyarakat, bilamana ada pelayanan yang terganggu akibat belum defenitifnya Bupati dua kabupaten tersebut dimintanya untuk menyampaikan ke DPRD Sumsel.

Joncik Muhammad, anggota DPRD dari Dapil Empat Lawang mengatakan, akan segera menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan massa tersebut.

Politisi PAN ini sangat setuju dua Plt. Bupati tersebut untuk didefenitifkan mengingat persoalan kedua kepala daerah sebelumnya telah inkrah.

“Tahapan akan segera dilaksanakan, inkrahnya dua kepala daerah yang tersandung hukum menjadi dasarnya,” tutup politisi PAN Sumsel ini. (AD)

Comments
Loading...