spot_img

Pendamping Desa Kabupaten Tulang Bawang Barat Akan Dipratugaskan

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Pendamping Desa Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) sebanyak 30 orang hasil perekrutan tahun 2015 akan mengikuti pratugas sesuai dengan implementasi UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang rencananya diselenggarakan kisaran minggu pertama atau kedua bulan Agustus 2016.

“Dalam pratugas ini mereka dibekali sejumlah pengetahuan terkait tupoksinya seperti, pendekatan pemberdayaan, model pendampingan dan regulasi terkait UU Desa, serta pengetahuan teknis penyelesaian masalah,” ungkap I Wayan Eka selaku Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (TA-PED) Kabupaten Tubaba. (1/8/2016).

I Wayan Eka juga menerangkan bahwa “Untuk pratugas tahap satu akan dilaksanakan di salah satu Hotel di Bandar Lampung,untuk pendamping desa  mulai tanggal 2 agustus 2016 sampai 6 Agustus 2016 dan untuk pratugas PLD mulai tanggal 10 Agustus sampai 1 September 2016 ” jelasnya.

Hingga saat ini jumlah Pendamping Desa di Kabupaten Tubaba yaitu, Tenaga Ahli (TA) satu orang, Pendamping Desa 11 orang, dan Pendamping Lokal Desa (PLD) 25 orang.

“Jumlah kuota yang akan mengikuti pratugas hanya 30 orang yakni PD 10 orang dan PLD  20 orang, sisanya akan mengikuti pratugas tahap kedua,” imbuhnya.

Wayan berharap setelah pratugas ini pendamping mampu menjabarkan tupoksinya sehingga tujuan desa yang mandiri dan sejahtera bisa terwujud lebih cepat.

Selain itu dia berharap pada perekrutan selanjutnya, khusus Kabupaten Tubaba dapat ditambah kuotanya, mengingat saat ini pendamping yang ada masih sangat kurang mencukupi.

“Seyogyanya tiap kabupaten ada enam TA, dan saat ini masih saya saja, dibantu 11 PD dan 25 PLD,” tandasnya. (RZ)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles