spot_img

Palangka Raya akan Bangun Kebun Binatang

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Masih banyaknya hutan yang dimiliki Pemerintah Kota Palangka Raya nampaknya akan dipergunakan sepenuhnya untuk membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya Walikota Palangka Raya sedikit demi sedikit membongkar rencana besearnya tersebut.

Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia, dalam kunjungannya ke Peternakan milik Provinsi mmengatakan, bahwa selama ini Pemko memiliki rencana besar dengan akan membuaka kebun binatang, sehingga kedepannya ada agro wisata yang menjadi andalan Kota Cantik.

“Kalimantan tidak ada yang memiliki Kebun kebun binatang, padahal Pulau Kalimantan memiliki areal yang cukup luas dari pulau-pulau yang lain, maka dari itu kita Pemerintah Kota Palangka Raya berencana akan membuat kebun binatang di tanah APL yang berada di Sebangau,” ucapnya saat diwawancara Senin (1/8/2016).

Lanjut Riban, dari luasan tanah 1.500 Ha yang dimiliki pihaknya, sekitar 750 Ha yang belum APL (Areal Penggunaan Lain), sehingga pelepasan kawasan tidak diperlukan sebab kewenangan di tangan pemerintah kota.

“Sebelumnya luasan tanah 750 Ha sudah dilakukan untuk pertanian terpadu, maka dari itu Pemko berencana menggunakan sisa tanah tersebut untuk dibangun kebun binatang,” tukasnya.

Beberapa faktor pun sudah dipikirkan oleh Pemko, terkait pemilihan lokasi rencana pembanguan kebun binatng tersebut, yang pertama karena dekat dengan Taman Nasional Sebangau dan yang jelas akan menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

“Jaraknya tidak jauh dari kota Palangka Raya, meskipun kita harus menyebrang kita memiliki kapal dan masyarakatpun akan terbantu dengan terbukanya lapangan kerja dengan membuka transportasi airnya,” ucapnya.

Maka dari itu, imbuhnya, pada tahun 2017 mendatang rencana tersebut akan segera dilaksanakan, baik itu segi anggaran ataupun persiapan yang lainya.

“Kita akan secepatnya melakukan realissinya disamping menjadi pemasukan daerah itu juga akan menjadi wisata andalan di Palangka Raya,” imbuhnya. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles