KNPI Kalteng Siap Sukseskan Pelaksanaan Pilkada 2017 dan Tujuan Kemerdekaan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Peran serta seluruh elemen masyarakat Kalimantan Tengah tidak terkecuali pemuda dalam  mensukseskan proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017 di dua Kabupaten yakni Kotawaringin Barat dan Barito Selatan tentu sangat diperlukan.

Seperti bersama-sama menjaga keamanan dalam kelancaran pelaksanaan pilkada samapi dengan selesainya. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalteng, Fairid Naparin saat melaksanakan kegiatan lomba HUT RI ke-71 kamis (25/08/2016) di Kantor Sekertariat KNPI Kalteng Palangka Raya.

“Kita tidak melarang anggota KNPI memberikan dukungan kepada siapapun, asalkan dukungan tersebut semata-mata bersifat pribadi dan tidak mengatasnamakan keorganisasian KNPI,” jelas Fairid Naparin diwawancarai Menaranews.

Tidak hanya itu, dirinya juga berpesan KNPI yang ada di Kabupaten/Kota untuk melakukan dialog dan diskusi mengenai visi dan misi dari pasangan calon yang akan mengikuti pelaksanaan pilkada, dengan demikian peran pemuda bisa ikut andil dalam menggandeng serta melakukan pengawasan terhadap calon pasangan yang nantinya akan memimpin.

Fairid menambahkan, paling tidak berdiskusi terhadap situasi yang mengarah kepada peran serta kepemudaan dalam membangun daerah kedepan lebih baik lagi, dengan harapan seluruh anggota KNPI yang ada di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng, terkhusus di dua Kabupaten yang melaksanakan pilkada 2017 nanti, dapat mensukseskan pelaksanaan pilkada termasuk menjaga keamanan.

“Dengan catatan penting, organisasi kepemudaan tetap menjaga netralitas dan tidak boleh memihak ke pasangan-pasangan tertentu. Kalau secara pribadi silahkan kita tidak melarang itu” papar Fairid kembali menjelaskan.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan perlombaan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 sendiri, KNPI tetap berpesan kepada seluruh pemuda yang ada di Kalimantan Tengah untuk lebih madiri, kreatif dan berinofatif lagi.

“Dengan momentum peringatan HUT RI yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus kemarin, KNPI menyelenggarakan berbagai kegiatan sepeti lomba tradisional ngeruhi/menggalau, pinan dan lain sebagainya dengan maksud agar meningkatkan rasa nasionalisme khususnya bagi pemuda yang ada di Kalimantan Tengah ini” ucapya kembali.

Memang saat ini kemerdekaan tidak semua dirasakan oleh masyarakat terutama adanya kesenjangan sosial dan masih tingginya angka pengangguran. Kendati demikian tidak semuanya dapat diselesaikan sekaligus, akan tetapi dilakukan secara bertahap.

Menyangkut Persoalan tersebut, Fairid Naparin menegaskan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin melakukan tindakan peyelesaian persoalan tersebut, dengan cara melakukan sejumlah pelatihan terhadap masyarakat untuk mencari peluang usaha terutama dibidang usaha mikro atau usaha makro.

“Saya selalu tekankan kepada seluruh KNPI Kabupaten/Kota se-Kalteng untuk tidak melupakan agenda kegiatan yang bersifat pembinaan ekonomi mikro atau makro kepada masyarakat. Karena sebelumnya selalu dikedepankan pelatihan kepemimpinan, tapi melupakan bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat.” tutupnya. (Arliandie)

Editor: HIdayat

Comments
Loading...