Ini Manfaat Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

MENARAnews, Kesehatan – Ibadah Sholat yang merupakan perintah Allah kepada umat muslim di seluruh penjuru dunia ternyata tidak hanya bermanfaat positif secara spiritual, tapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Dikutip dari Radianceweekly, setiap gerakan yang dilakukan dalam sholat dapat meningkatkan kebugaran fisik dan kestabilan emosional, memberikan perasaan tenang, mengurangi kecemasan dan depresi. Selain itu, energi yang diperlukan untuk sholat juga lebih kecil dibandingkan dengan olahraga.

Menurut penelitian, seseorang orang yang berolahraga bisa membakar 500-700 kalori. Walaupun bermanfaat bagi kesehatan, olahraga bisa membuat orang lelah. Berbeda dengan sholat, energi yang dikeluarkan jauh lebih kecil, namun mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kelelahan.

Berikut ini beberapa manfaat sholat bagi kesehatan tubuh.

  1. Memicu peningkatan konsumsi oksigen secara efisien di pembuluh darah yang mengelilingi alveoli (kantung udara) dalam paru-paru, sehingga berdampak pada peningkatan pertugaran gas dan dapat bernapas lebih dalam
  2. Adanya pengulangan secara teratur dalam gerakan sholat dapat meningkatkan kekuatan otot dan daya tendon
  3. Memicu peningkatan pelumasan sendi dan menambah fleksibilitas tubuh sehingga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung koroner, peningkatan pada batas maksimum asupan oksigen, memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

Beberapa manfaat sholat bagi kesehatan yang disebutkan diatas merupakan hasil penelitian dari seorang ahli kesehatan dari Harvard University, Dr Herbert Bensen. Dalam penelitiannya itu, disebutkan bahwa pengulangan secara teratur ayat-ayat Alquran dan dzikir serta gerakan sholat, berdampak positif pada aktivitas otot, sehingga menyebabkan terjadinya relaksasi yang berujung pada penurunan tekanan darah, peningkatan konsumsi oksigen, menyehatkan jantung dan memperlancar pernapasan. (ADF)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles