Gateball Papua, Siap Ikut Kejuaraan PON ke XIX di Jawa Barat

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Pelantikan Pengurus Provinsi Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Papua Masa Bhakti 2016-2020 dilakukan di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Kementerian Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Sabtu (27/8/2016).

Pelantikan secara resmi Pengurus Pergatsi Papua dipimpin oleh Dr. Danis Hidayat Sumadilaga (Wakil Ketua II PB Pergatsi Pusat/Staf Ahli Menteri PUPR), dilanjutkan dengan penyerahan Pataka Pergatsi dari PB Pergatsi kepada Pengurus Pergatsi Papua.

“Kami berharap dengan adanya kepengurusan Gateball di Papua bisa meluas sampai ke daerah-daerah dan semakin berkembang dalam mencapai juara tertinggi,”kata Dr. Danis Hidayat Sumadilaga (Wakil Ketua II PB Pergatsi Pusat/Staf Ahli Menteri PUPR).

Menurutnya, Gateball merupakan olahraga yang baru di tanah air, termasuk di tanah Papua, namun gemanya sudah terdengar cukup signifikan.

“Saya harap olahraga gateball di Papua semakin meluas dan ada prestasi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pergatsi Provinsi Papua Osman Hariyanto Marbun mengatakan, olahraga ini kami sudah perkenalkan pada tahun 2013 yang lalu di kantor ini, kita juga sudah sosialisasikan ke sorong hanya karena pengurus belum di bentuk jadi kita sosialisasikan di tempat-tempat tertentu saja.

“Iya kita mulai perkenalkan di Kantor ini pada tahun 2013 yang lalu, kita juga sudah mensosialisasikan ke daerah-daerah,”katanya.

Dikatakan, tujuan membentuk pengurus daerah ini pengurus provinsi ialah dalam rangka untuk ikut eksibisi PON Ke XIX di Jawa Barat yang jatuh pada bulan September yang akan datang dan mendaftarkan atlet yang akan di ikutsertakan dalam eksibisi PON ini.

“Kita sudah menyiapkan 31 Atlet untuk 6 regu dan 6 jenis pertandingan dari 11 pertandingan yang ada untuk pertandingan cabang olahraga gateball. Kesiapan kita untuk PON jabar ini kita sudah berlatih 3 bulan terakhir ini,” ucapnya.

Harapan kita seperti yang saya sampaikan dalam sambutan tadi di 2020 PON ke 20 dicabang olahraga Pergitball ini dapat di ikut sertakan dalam kejuaraan PON tersebut. Apa lagi kita sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON Ke 20 yang akan datang.

“Semoga dalam PON ke-XX di Papua olahraga Gateball sudah dipertandingkan secara resmi, sehingga perolehan medali dapat diperhitungkan oleh masing-masing Provinsi,”tuturnya. (Surya)

Comments
Loading...