Disdukcapil Mukomuko Kejar Target Rekam E-KTP Warga

MENARAnews Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Dinas Kependudukaan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mukomuko harus bekerja ekstra demi menyelesaikan target kinerja khususnya target perekamanan E-KTP oleh warga Mukomuko.

Hal itu mengacu pada intruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memberikan tenggat waktu pengurusan E-KTP sampai dengan 30 September 2016 mendatang.

Terkait hal itu, sekitar 6.363 orang warga Mukomuko ditargetkan akan dilakukan perekaman E-KTP dengan pembagian 50% diselesaikan bulan Agustus ini dan sisanya di bulan September mendatang.

“Target yang harus kami capai yaitu 6.363 perekaman E-KTP lagi dari total 116.839 warga wajib KTP. Targetnya Agustus dan Sepetember ini dapat terselesaikan” jelas Sekretaris Disdukcapil Mukomuko, Drs. Yandaryat P, saat diwawancarai MENARAnews, Kamis (25/08/2016).

Ia menyampaikan, terdapat beberapa kendala dalam pencapaian target ini yaitu kondisi warga dan permasalahan teknis.

Kondisi warga yang dimaksud yaitu adanya warga yang telah meninggal atau berpindah tempat namun tidak dilaporkan sehingga harus ditelusuri lagi oleh pihak perangkat desa.

Selain itu, permasalahan teknis seperti seringnya terjadi pemadaman listrik dan kerusakan pada server cukup menghambat proses pengimputan dan transfer data dari kecamatan, daerah, dan pusat.

“Kendalanya itu, tidak ada laporan mengenai warga yang pindah atau meninggal sehingga masih tercatat sementara orangnya sudah tidak ada. Selain itu masalah listrik yang sering padam yang mengakibatkan keterlambatan dalam proses pengimputan dan transfer data, juga ada beberapa server yang rusak” jelasnya.

Terkait stok blanko, pihaknya menegaskan tidak ada masalah dan apabila terjadi kekurangan proses transfer dari pusat ke daerah tidak ada hambatan.

“Tidak ada masalah (terkait stok blanko), saat ini stoknya masih ada, kalau kurang tinggal ambil lagi dari pusat” tandasnya.

Ia menghimbau kepada warga yang belum melakukan perekaman E-KTP agar segera melakukannya di masing-masing kantor kecamatan atau langsung menuju ke Disdukcapil Mukomuko. (AL)

Comments
Loading...