Bawaslu Kawal Kinerja PPDP Dalam Mendata DP4 Pilkada

MENARAnews, Jambi – Walaupun tahapan Pilkada 2017 di tiga kabupaten saat ini dalam proses tahapan perekrutan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP), namun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi lebih dini mengantisipasi kinerja PPDP di lapangan nanti dalam mendata data pemilih, untuk menghasilkan DP4 yang valid.

“Kita mengharapkan PPDP bekerja profesional untuk menetapkan data pemilih ke DPT,” ujar Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fauzan Khairazi ditemui di ruangannya, Selasa (30/8/16) kemarin.

Selain itu kata dia, dalam menentukan DPT, sebelumnya data DP4 yang diterima akan dicocokkan dengan data di lapangan dan kemudian PPDP akan mengkroscek melalui aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih).

“Sebelum DPT ditetapkan. Data dari Kemendari yang diperoleh dari Dukcapil melalui DP4 akan dicocokkan, kemudian akan didata melalui Sidalih, baru PPDP akan mendapatkan data DPT,” ungkapnya.

Baginya, hal tersebut akan jauh lebih efektif sama seperti Pilkada lalu. Dimana data yang ganda akan terbaca dengan sendirinya sehingga satu nama tidak berpeluang memiliki dua data pemilih.

“Pilkada lalu kan seperti itu, selain Sidalih, data manual juga dilakukan sehingga akan terbaca data yang ganda,” katanya.

Fauzan berharap, dalam proses perekrutan anggota PPDP memang benar-benar anggota yang mampu dan bertanggung jawab, serta mengetahui kondisi pemilih, sehingga PPDP memang benar-benar bekerja.

“Kita mengharapkan data yang tercatat di lapangan akurat, dan sistem tembak di atas kuda tidak berlaku lagi,” tegasnya.

Selain itu, Bawaslu juga akan melakukan pengawasan faktualisasi verifikasi data DP4 secara melekat terhadap PPDP.

“Kita perintahkan anggota kita, untuk melakukan pengawasan secara melekat. Sehingga, nantinya PPDP dalam melakukan pendataan akan terpantau apakah benar-benar bekerja,” tutupnya. (GWA)

Comments
Loading...