Badai Topan “Lionrock” Terjang Panti Jompo, Sembilan Orang Tewas

MENARAnews, Tokyo – Sembilan orang dikabarkan tewas saat rumah panti jompo yang mereka tempati diterjang banjir karena hujan deras yang diakibatkan Angin Topan “Lionrock”.

Badai topan tersebut menyapu melewati jepang utara pada selasa malam, dengan curah hujan diatas 300 mm. Sedikitnya 2 orang dikabarkan tewas.

Rumah panti jompo, di Kota iwaizumi  Prefektur Iwate, yang berada di tepi sungai, sampai saat ini belum dievakuasi oleh pemerintah jepang. Namun, saat ini angin topan lionrock statusnya telah diturunkan menjadi badai tropis biasa, setelah bergerak melewati Rusia.

Seorang petugas timsar Jepang melaporkan bahwa 9 orang meninggal, setelah banjir lumpur membanjiri rumah panti jompo tersebut. Hingga saat ini para korban masih belum teridentifikasi.

Dikabarkan bahwa rumah panti tersebut merupakan tempat bagi orang-orang tua yang mengidap penyakit demensia.

Angin topan tersebut membawa angin kencang dan hujan yang sangat deras, Ini pertama kalinya angin topan tersebut menerjang Tohoku, daerah yang meliputi bagian utara-timur di Pulau Honsu, Jepang, sejak 1951.

Pihak berwenang menganjurkan lebih dari 400.000 orang didaerah kyodo jepang, untuk mengusi dikarenakan adanya longsor dan banjir rob. Selain itu, jadwal penerbangan dan jadwal kereta dibatalkan, dan pabrik dipaksa berhenti beroperasi.

Lebih jauh ke utara Jepang , dilaporkan sungai di Pulau Hokaido telah meluap.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!