Semarak Sambut Idul Fitri, Masyarakat Gelar Takbir Keliling

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Ratusan warga Kabupaten Pandeglang memeriahkan malam takbiran dengan melakukan takbir keliling hampir di setiap penjuru Kabupaten Pandeglang, mulai dari Kecamatan Pandeglang hingga Kecamatan Sukaresmi. (05/07/2016)

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejak setelah berbuka puasa, beberapa warga sudah mulai berkumpul di sekitar Alun-alun Pandeglang dan kemudian melakukan takbir keliling di sekitar Alun-alun. Selain di Kecamatan Pandeglang, terlihat juga takbir keliling yang dilakukan di Kecamatan Majasari, Pertigaan Pom Bensin Cipacung, Kecamatan Kaduhejo, hingga pertigaan Mengger.

Salah satu warga Kecamatan Pandeglang Maulana mengatakan, kegiatan takbir keliling merupakan kegiatan yang dilakukan oleh warga antar kampung, kegiatan ini berlangsung secara rutin tiap tahun dan biasanya keliling Alun-alun Pandeglang atau di tempat keramaian.

“Alhamdulillah, pelaksanaan takbir keliling selalu berjalan aman karena dikawal oleh pihak kepolisian, terkadang juga takbir keliling antar kampung bertemu di satu titik kemudian bergabung untuk melakukan konvoi sehingga jarang terjadi konflik,” ujarnya.

Sementara di Pandeglang bagian selatan, perayaan takbir keliling juga dilakukan oleh ratusan Warga Kampung Cibungur Masjid, Sidamukti, dan Panimbang dengan masing-masing dipimpin oleh Saefulloh, Karsidi Alfaruk, dan Ajid Awal.

Berbeda dengan warga Kecamatan Pandeglang, pelaksanaan takbir keliling di Pandeglang bagian selatan mendapat respons yang beragam dari masyarakat, ada yang ikut bergabung dengan rombongan takbir keliling tetapi ada juga warga yang merasa terganggu karena para remaja yang menggunakan motor secara ugal-ugalan dengan knalpot yang tidak ramah lingkungan. (IY)

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles