spot_img

Ormas Maupun LSM Minim Terdaftar

MENARAnews, Kapuas (Kalteng) – Berdasarkan data yang ada pada Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Kapuas bahwa Ormas/LSM yang ada di Kabupaten Kapuas berjumlah 120 Ormas/LSM, tetapi yang mempunyai Surat Keterangan terdaftar (SKT) hanya 13 Ormas/LSM.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova saat memberikan sambutan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas (26/07/2016).

“Kami menghimbau kepada seluruh LSM maupun Ormas yang ada di wilayah  Kabupaten Kapuas, agar melapor dan mendaftarkan keberadaan organisasinya kepada Pemkab Kapuas,” katanya.

Dengan terdaftarnya Ormas/LSM diharapkan dapat menjadi alat kontrol bagi Pemerintah tentang keberadaan organisasi tersebut. Diharapkan juga Ormas/LSM dapat menjadi mitra Pemerintah dalam mensukseskan pelaksanaan program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Kapuas Drs Ibak, menyatakan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan ketentuan dan peraturan perundang-undangan tentang organisasi kemasyarakatan, penanganan terhadap ormas yang bertentangan dengan Pancasila. “Jangan sampai ada ormas yang bertentangan dengan Pancasila,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi tentang tugas dan wewenang Pemerintah Daerah dalam upaya pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat sesuai UU No.23 Tahun 2014.

“Samakan persepsi antara para pemegang kebijakan dalam penanganan terhadap Ormas/LSM yang bertentangan dengan Pancasila yang berpotensi mengganggu Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat,” tutupnya. (zen)

Editor: Raudhatul N. 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles