KIP Kota Banda Aceh Akhirnya Lantik Anggota PPK

MenaraNews, Banda Aceh (Aceh) – Sebanyak 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Banda Aceh untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh resmi dilantik dan diambil sumpahnya.‎ Ke-45 anggota PPK tersebut mewakili sembilan kecamatan yang ada di Banda Aceh.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan anggota PPK dilakukan oleh Ketua KIP Banda Aceh Munawarsyah, Selasa (19/7/2016) di Aula Lantai IV Balai Kota Banda Aceh. Turut hadir di sana, Wali Kota Illiza Sa’aduddin Djamal, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah, unsur Muspida lainnya serta perwakilan dari sejumlah partai politik.

Dalam sambutannya, Ketua KIP Banda Aceh, Munawarsyah menyatakan optimis para anggota PPK terpilih tersebut akan mampu mengemban tugas dan amanah guna menyukseskan Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 mendatang.“Laksanakan tugas sebaik-baiknya dalam koridor hukum dengan berpegang teguh pada kode etik penyelenggaraan Pemilu. Tujuannya Pemilu berkualiatas dan mendapat legitimasi dari masyarakat,” katanya.

Anggota PPK yang baru dilantik merupakan hasil dari proses seleksi yang dilaksanakan oleh KIP Kota Banda Aceh secara terbuka denggan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon anggota PPK.  Sebelumnya seleksi meliputi persyaratan administrasi, seleksi ujuan tulis dan wawancara sudah yang dilakukan sejak tanggal 21 Juni 2016.  Materi seleksi yang dilakukan meliputi pengetahuan tahapan Pilkada, pengetahuan terhadap tugas – tugas penyelenggara pemilu, penguasaan wilayah, dan rekam jejak calon.

Pada awalnya, KIP Banda Aceh menerima pendaftaran calong anggota PPK sebanyak 150 warga Kota Banda Aceh yang mendaftar. Dari sejumlah pendaftar tersebut dilakukan seleksi ujian tulis yang meluluskan 88 orang, kemudian mengikuti proses wawancara yang menghasilkan 45 orang anggota PPK. Anggota PPK di Kota Banda Aceh untuk Pilkada serentak 2017 terdiri dari 37 personil laki – laki dan 8 personil perempuan artinya telah memenuhi 18% keterwakilan perempuan dalam komposisi keanggotaan PPK di Kota Banda Aceh sedangkan ketentuan mengharuskan keanggotaan PPK memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30%.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal berharap pelantikan PPK hari ini menjadi tonggak awal kesuksesan Pilkada di Banda Aceh. “Harapan kita semua Pilkada dapat berlangsung suskes dan lancar. Pilkada yang berkualitas tentu akan melahirkan pemimpin yang berkualitas pula.” (RF)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,036PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles