spot_img

6 Damang Kepala Adat Kapuas Dilantik

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Enam Damang untuk 6 kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas dilantik di Aula Pemkab Kapuas, Senin pagi (25/07/2016). Keenam Damang Kepala Adat tersebut dilantik langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Pada dasarnya, fungsi Damang Kepala Adat (tingkat kecamatan) adalah untuk memperkokoh keberadaan masyarakat adat Dayak dengan melakukan upaya pelestarian, pengembangan dan pemberdayaan dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI.

“Selamat atas dilantikannya para Damang di 6 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kapuas, serta mengharapkan kepada para Damang yang baru dilantik agar dalam pelaksanaan tugas dilakukan dengan tulus ihklas dan dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten Kapuas maupun Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Ben Brahim saat memberikan sambutan.

Keenam Damang yang dilantik diantaranya, Damang Kecamatan Selat, Damang Kecamatan Bataguh, Damang Kecamatan Kapuas Kuala, Damang Kecamatan Pasak Talawang, Damang Kecamatan Dadahup dan Damang Kecamatan Timpah, dengan masa bhakti selama enam tahun sejak Tahun 2016.

Lebih lanjut, para Damang di seluruh Kabupaten Kabupaten Kapuas juga diharapkan dapat ikut serta berperan aktif dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian, serta dapat bekerja sama dengan aparat keamanan dan instansi terkait dalam pemberantasan peredaran narkoba dan minuman keras.

“Dalam melaksanakan tugas Damang Kepala Adat maupun kebijakan, khususnya dalam penerbitan Surat Keterangan Tanah Adat (SKTA), dihimbau agar selalu berhati-hati dan betanggung jawab serta tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya. (hms/zen)

Editor: Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles