spot_img

Sekda Aceh Timur Lantik Pengurus Baitul Mal

MENARAnews, Idi Rayeuk (Aceh) – Kepala Baitul Mal Aceh Timur periode 2016-2020, Tgk. Hasanuddin Yunus beserta pengurus lainnya resmi dilantik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Timur, M. Ihsan Ahyat, S.STP, MAP, Selasa (21/6) di Aula Serbaguna, Idi Rayeuk, Kab. Aceh Timur.

 “Dengan adanya kepengurusan yang baru ini, kita harapkan Baitul Mal dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2007 tentang Baitul Mal dan Peraturan Bupati Aceh Timur Nomor 6 Tahun 2012 tentang Mekanisme Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sadaqah serta Harta Agama Lainnya,” papar Sekda M. Ihsan Ahyat dalam sambutannya di sela-sela pelantikan pengurus Baitul Mal.

Saat ini, penerimaan zakat, infaq, dan sadaqah di Kab. Aceh Timur cenderung menurun dan persentase yang terkumpul masih terlalu minim jika dibandingkan dengan peluang yang ada.

“Selama ini kita hanya mengandalkan dari Zakat Profesi (PNS), itu pun belum maksimal. Sektor-sektor lain seperti sektor usaha atau bisnis masih banyak yang belum tersentuh. Karenanya, pengurus Baitul Mal yang baru diharapkan dapat membuat program yang inovatif,” tambahnya.

Disebutkannya bahwa zakat mempunyai kedudukan utama dalam sumber pendapatan negara dan mampu menunjang pengeluaran negara.

“Zakat mampu mempengaruhi kebijakan ekonomi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, terutama bagi kaum lemah. Selama umat Islam sadar untuk berzakat, maka dana tersebut akan selalu bermanfaat bagi kemaslahatan umat Islam,” sambungnya.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri oleh jajaran SKPK dan Muspida Plus, diantaranya Wakil Kepala Polres Aceh Timur Kompol Carly Saputra Bustamam, Asisten I Setdakab Aceh Timur Drs. Dahri, MAP, dan Asisten II Setdakab Aceh Timur Usman A. Rahman. (AB)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles