spot_img

Polres Kapuas Dirikan Pos Pengamanan Pelabuhan Jelang Idul Fitri 1437 H

MENARAnews, Kapuas (Kalteng) – Polres Kapuas terus melakukan pengecekan dan persiapan matang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, khususnya di wilayah Pelabuhan Feri Penyeberangan Jalan Mawar, Kecamatan Kuala Kapuas.

Polres Kapuas berencana mendirikan Pos Pengamanan di Pelabuhan Feri Penyeberangan itu. Pos ini merupakan pos yang pertama kalinya dibangun di area pelabuhan, bertujuan agar dapat menjadi pemantau keamanan lalu lintas penyeberangan dan indikator penertiban penumpang. Pos tersebut berfungsi sebagai pos pantau pengamanann feri penyeberangan dengan jalur Jalan Mawar, Kecamatan Kuala Kapuas – Kelurahan Hampatung, Kecamatan Kapuas Hilir.

“Pos pengamanan dan pelayanan akan beroperasi H-7 sampai H+7 dalam Operasi Ramadhania, maka khusus untuk pos pengamanan di feri ini akan kita bangun sesegera mungkin di awal Ramadhan ini. Karena kita  melihat masih di awal Ramadhan, sudah terjadi peningkatan penumpang salah satunya di feri penyeberangan. Atas dasar itu kehadiran pos pengamanan tentunyaa sangat dibutuhkan sesegera mungkin,” papar mantan Kapolres Palangka Raya ini.

Lebih lanjut, Pos tersebut juga berfungsi untuk memantau Feri sesuai ketentuan muatan masksimal, misal tertera bahwa kapasitas maksimal dalam satu kali penyeberangan adalah 63 sepeda motor dengan 126 penumpang. Jika sampai melalaikan himbauan yang sudah kita sampaikan bahkan sampai ada kejadian, maka pihak tersebut harus bersiap menerima sanksi pidana.

“Jangan sampai nanti ada feri yang berlayar atau beroperasional melebihi kapasitas yang ada. Jika sampai melalaikan himbauan yang sudah kita sampaikan bahkan sampai ada kejadian, maka siap-siap menerima sanksi pidana,” tegas Jukiman.

Begitu juga lanjutnya, seluruh pengusaha feri harus selalu mengutamakan keselamatan penumpang. Serta jika menemukan kerusakan baik di bagian armada kapal maupun dermaga, maka dirinya meminta agar segera diperbaiki.

Terkait pemeriksaan kelayakan feri penyeberangan, AKBP Jukiman menjelaskan berdasarkan pemeriksaan sementara untuk badan kapal masih layak digunakan dan kelengkapan keselamatan seperti life jacket sudah memenuhi.

“Dalam bulan Ramadhan ini, kita juga segera akan menempatkan petugas lalu lintas di jalan dengan arus lalu lintas padat seperti di feri yang berdampingan dengan pasar ini. Begitu pula kita akan atur pasar tumpah agar tidak terlalu meluber ke jalan, sehingga arus lalu lintas darat juga dapat berjalan lancar,” tutup Kapolres Kapuas. (ZEN)

Editor: Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles