spot_img

Perempuan Pendaftar PPK & PPS Minim

MENARAnews, Jambi – Antusias masyarakat Kabupaten Sarolangun untuk menjadi penyelenggara Pilkada Sarolangun cukup tinggi. Ini terlihat pada hari pertama pengumuman sekaligus pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah puluhan yang mendaftarkan diri.

Sedikitnya sekitar 50 peserta yang mendaftarkan diri menjadi penyelenggara di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan tersebut. Misalnya untuk Kecamatan Air Hitam saja sudah sekitar 3 orang calon anggota PPK begitu juga dengan calon anggota PPS.

Begitu dengan sembilan kecamatan yang lain seperti Kecamatan Batangasai sudah ada tiga calon anggota PPP dan enam orang untuk PPS. Kemudian untuk Kecamatan Sarolangun baru dua peserta untuk PPS sudah ada sembilan orang.

Untuk Kecamatan Mandiangin tiga orang untuk PPK dan PPS lima orang. Begitu pula dengan kecamatan yang lain, seperti Kecamatan Pelawan, Kecamatan Singkut, Kecamatan Pauh, dan Kecamatan Cermin Nan Gedang.

Dari pantauan di Aula KPU Sarolangun tempat penerimaan berkas pendaftaran terlihat panitia sibuk melayani pendaftaran peserta. Para komisioner, kepala sub bagian di lembaga penyelenggara pemilu tersebut terlihat sibuk memantau pekembangan pendaftaran. 

“Alhamdulillah hari pertama sudah banyak yang mendaftar,” ujar Mutia Fitri, Kasubag Umum KPU Sarolangun sekaligus sekretaris Pokja Penerimaan PPK dan PPS saat mendampingi panitia yang lain.

Muthia optimis hingga penutupan pendaftaran pada tanggal 25 Juni nanti semua kecamatan dan desa/kelurahan sudah mendaftarkan diri. 

Hal senada disampaikan Kasubag Hukum Arif Suyandi Lingga yang dibenarkan Kasubah Teknis KPU Sarolangun Ahmad Jumadil. “Kita membuka pendaftaran hingga pukul 16.00 WIB, sebenarnya di Puasa ini jam kerja sampai pukul 14.30 WIB. Kita khawatir kalau ada dari desa yang jauh mendaftar jadi kita tunggu sampai sore,” terangnya.

Jumadil pun sudah merekap jumlah peserta yang mendaftar diri di hari pertama ini. “Total untuk PPK ada 23 peserta masing-masing laki-laki 22 orang dan perempuan 1 orang. Sementara PPS berjumlah 27 orang, jadi total sementara sudah 50 orang,” ujar Dede Riky Satrya, staf administrasi KPU Kabupaten Sarolangun yang bertugas melakukan rekapitulasi jumlah peserta.

Dede mengakui sambil merekap masih ada calon peserta yang mendaftarkan dari Kecamatan Sarolangun dan Kecamatan Limun.(GWA)

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles