spot_img

Patut Diapresiasi, Forum Bumi Hijau Lanjut Tanam Aren di Tele

MENARAnews, Samosir (Sumut) – Setelalah sebelumnya sukses melakukan penanaman pohon Aren di beberapa jalur rawan longsor, Forum Bumi Hijau (FBH) lembaga yang fokus di bidang pelestarian lingkungan kembali melakukan kegiatan ‘Gerakan Nasional Penanaman 10.000 Pohon Aren’ kali ini di kawasan Danau Toba tepatnya di Tele, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Toba Samosir.

Tele menjadi  titik penanaman ke-3 dikawasan Danau Toba setelah sebelumnya dilaksanakan di dua titik yang lain yaitu Tigaras dan Parapat.

Kegiatan ini melibatkan puluhan relawan yang dirangkul dari beberapa komunitas dan organisasi yang merasa penting menjaga kelestarian alam Danau Toba diantaranya Dongan Toba, Gernasta, dan juga mahasiswa Antropologi USU.

“Penanaman Pohon Aren dikawasan danau toba merupakan wujud kepedulian kita terhadap alam kawasan danau,” tutur Jeki Fernando Purba, Direktur Forum Bumi Hijau di Tele, Jumat (17/6/2016).

Pohon Aren yang ditanam selain untuk mencegah jalan jalan longsor dikawasan danau diharapkan nantinya dapat menjaga dan meningkatkan debit air danau karena Aren merupakan tanaman yang kuat dan dapat menyimpan cadangan air.

Masih kata Jeki, Aren juga dapat dipastikan akan bertahan lama dikawasan ini dibanding dengan tanaman eukaliptus yang ada di sepanjang jalur lintas dikawasan ini, karena batang pohon aren lebih kuat.

“Dalam pengolahan tanaman ini nantinya juga tidak hanya dengan cara¬† ditebang seperti pohon eukaliptus dan pinus. Pohon aren mulai dari batang hingga daun dapat dimanfaatkan dan diolah hingga menghasilkan produk mulai dari air nira, ijuk, kolang kaling dan lainnya,” tambahnya.

Disamping penyelamatan lingkungan, kedepannya aren yang ditanam juga dapat dimanfaatkan dan diolah oleh masyarakat kawasan tersebut. Sehingga mampu memberikan mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan ini Forum Bumi Hijau menanam lebih dari 200 bibit pohon aren, masyarakat sekitar dan juga Pemkab Samosir yang melintas di lokasi penanaman mengapresiasi kegiatan penanaman yang dilakukan FBH.

Forum Bumi Hijau menargetkan akan melakukan penanaman pohon aren di seluruh kawasan Lingkaran Danau Toba yang melintasi 7 kabupaten, kedepannya Kabupaten Humbang Hasundutan akan menjadi lokasi titik tanam tahap keempat, tepatnya di Kecamatan Baktiraja. FBH tak henti-hentinya mengajak dengan tangan terbuka kepada para pemuda yang peduli kawasan Danau Toba untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. (Ded)

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles