spot_img

Mengantisipasi Penyalahgunaan Izin, BPMPPTSP Pandeglang Intens Melakukan Sosialisasi

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Beberapa waktu lalu DPRD Kabupaten Pandeglang melakukan sidak di Carita Coconut Island (CCI) dan hasilnya ditemukan bahwa pihak pengelola CCI melakukan penyalahgunaan izin, yaitu izin yang dimiliki berupa izin pembangunan Waterboom sementara pengeloa CCI juga membangun Cottage tanpa izin dari pemerintah.

“Saat ini CCI sudah memiliki surat izin mendirikan bangunan, izin perubahan peruntukkan penggunaan tanah, izin tempat usaha, dan surat izin usaha perdagangan, surat tanda daftar perusahaan untuk kegiatan Waterboom,” jelas Kabid Pelayanan dan Perizinan BPMPPTSP Pandeglang Surya Dermawan saat ditemui Wartawan MENARAnews diruangannya.

Ia menuturkan, terkait dengan pembangunan Cottege di CCI, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPPTSP) Pandeglang sudah melakukan konfirmasi kepada pengelola CCI untuk melengkapi surat izin pembuatan Cottage tersebut.

“Mereka sedang mempersiapkan untuk permohonan izin pembangunan Cottage,” ujarnya.

Terkait dengan sanksi yang diberikan kepada CCI, pihaknya sudah menghubungi Satpol PP untuk ditutup terlebih dahulu jika ada masalah dalam perizinan tempat sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Selain CCI, pihaknya mengakui tidak ada lagi investor di Pandeglang yang melakukan penyalahgunaan izin.

“Hingga saat ini tidak pernah ditemukan para investor yang secara sengaja tidak mengindahkan peraturan yang ada. Kalau pun ada, kami akan melakukan penindakan,” pungkas Surya.

Ia mencontohkan, seperti pembangunan waralaba yang melanggar sempadan jalan, maka berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan pembongkaran karena terlalu dekat dengan jalan.

Surya melanjutkan, selama ini sering melakukan sosialisasi peraturan yang harus dipenuhi atau dilengkapi kepada pengusaha yang berada di kecamatan tertentu, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyalahgunaan izin dari para investor.

Kendala selama ini sering ditemui, tambah Surya, yaitu sebagian investor lambat melengkapi persyaratan, seperti kelengkapaan data tanah yang harus valid dan tidak bermasalah dengan dibuktikan sertifikat  dan izin dari lingkungan masyarakat sekitar. (NZ_Kant)

 

Editor: Irdan

 

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles