Jelang Ramadhan, Dishub Palangka Raya Siapkan Posko

MENARAnews,Palangka Raya (Kalteng) – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalteng berencana mempersiapkan Posko Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik jelang Perayaan Keagamaan Islam, Lebaran. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Jalan Dishub Kalteng Mikelson Damek, ST., MT. di ruang kerjanya, Kamis (2/6/2016).

Mikelson menjelaskan, Posko akan dibuka di setiap bandara, terminal, dermaga, dan pelabuhan yang ada di Kalteng dari H-15 hingga H+15.

“Mekanisme itu nanti dibentuk setelah itu dibentuk tim baru dilakukan rapat koordinasi. Biasanya setiap tahun ada pos terpadu pengawasan lebaran 2016 yang melibatkan kepolisian, jasa raharja, Satpol PP, PU Provinsi,” kata Mikelson.

Dishub Kalteng, katanya tidak bekerja sendiri tetapi juga melibatkan instansi lain. Dikatakannya, khusus bidang transportasi jalan berasal dari instansi Kepolisian, Jasa Raharja, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Lebaran tahun ini berbarengan dengan hari libur pasti ada peningkatan jumlah perjalanan maupun jumlah orang yang akan mudik. Biasanya untuk jalur pendek orang lebih cenderung menggunakan kendaraan pribadi,” katanya.

Sementara itu, penggunakan transportasi umum darat, akunya tidak terlalu signifikan karena warga Kalteng lebih cenderung menggunakan kendaraan pribadi yang dapat dipakai bersama keluarga di Kampung.

“Armada darat khususnya jurasan Pangkalan Bun – Palangka Raya atau sebaliknya sudah disipakan  seperti dari Logos dua, Yeso dua, dan Damri,” tambahnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan transportasi legal selama mudik, sehingga apabila terjadi kecelakaan lalu lintas dan sebagainya ada pengganti jaminan dari asuransi.

“Kepada para pemudik juga diimbau untuk lebih memperhatikan dan cek kondisi kendaraannya baik itu roda dua dan empat untuk melakukan perjalanan mudik, kemudian untuk sepeda motor jangan melebihi dari 2 orang. Muatanpun jangan melebihi kapasitas,” terangnya.

Sementara itu, Bidang Kasi Operasional Pengendalian Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Lodewik pada Dishub Kalteng menambahkan untuk arus mudik pihaknya sudah mempersiapkan travel dan berkoordinasi dengan Dinas-dinas terkait.

“Biasanya dalam setiap tahunnya kalau melonjaknya arus mudik lebaran otomatis pihaknya sudah ada kesiapan untuk seluruh Kabupaten/kota dan otomatis terbentuk di setiap posko, berapa jumlah armadanya, bahan-bahan itu nanti biasanya akan dipaparkan di Polda Kalteng,”. (Marlianti)

Editor : Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles