spot_img

Jelang Pilkada, Forkopimda Aceh Timur Gelar Pertemuan Dengan Timses

MENARAnews, Idi Rayeuk (Aceh) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Timur menggelar pertemuan dengan sejumlah massa pendukung dari berbagai bakal calon bupati dan wakil bupati Aceh Timur di Gedung Serba Guna Polres Aceh Timur, Senin (27/6/16).

Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto SIK, M. H. dalam paparannya menyampaikan bahwa selama ini sering ditemukan pelanggaran pada Pilkada di Aceh Timur, salah satunya pemasangan atribut berupa baliho sebelum masa kampanye yang menyebabkan bentrok antar pendukung.

“Sesuai peraturan, pemasangan baliho sudah dikategorikan sebagai kampanye. Jika Balon Bupati belum mendaftar di Komisi Independen Pemilihan (KIP), maka pemasangan baliho tersebut telah melanggar UU Pilkada. Namun, selaku Forkopimda, kami berikan toleransi, asal tidak terjadi keributan” jelasnya.

Selain itu, pihak Kepolisian tidak berhak melakukan pengusutan terkait kasus pelanggaran Pilkada jika belum masuk ke ranah pidana, karena hal tersebut merupakan kewenangan dari Panwaslu maupun KIP Aceh Timur.

“Kami dari Kepolisian baru akan memproses setiap aduan pelanggaran Pilkada jika sudah masuk ke ranah pidana. Selain itu, pelapor harus melampirkan alat bukti, saksi, dan tanda tangan dari Panwaslu serta Kejaksaan”, lengkapnya.

“Peristiwa hukum jangan sampai dimasukkan ke ranah politik, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, seluruh pihak diharapkan dapat bekerja sama dalam menyukseskan Pilkada 2017,” sambung Kapolres Aceh Timur.

Sementara itu, Komisioner KPU Aceh, Junaidi mengajak seluruh peserta dan Timses Pilkada Aceh Timur untuk menaati peraturan yang berlaku.

“Meskipun Bapak Kapolres telah memberikan toleransi terkait pemasangan baliho sebelum masa kampanye, ada baiknya kita menaati Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye agar mencegah persinggungan-persinggungan yang mungkin terjadi,” jelasnya.

Acara tatap muka tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda lainnya, diantaranya Sekda Aceh Timur M. Ikhsan Ahyat, Dandim 0104 Aceh Timur Letkol Amril Haris Isya Siregar, ‎Ketua Panwaslu Aceh Timur Heri Syahputra, Kepala Kajari Aceh Timur M. Ali Akbar, dan Kepala Kesbangpol Aceh Timur M. Amin. (AB) {loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles