spot_img

Jelang Lebaran, Penukaran Uang Pecahan Rupiah Ramai Pengunjung

 

MENARAnews, Medan (Sumut) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, kebutuhan masyarakat akan permintaan uang pecahan rupiah biasanya meningkat.

Menyikapi hal itu, Bank Indonesia Kantor Wilayah Sumatera Utara mengadakaan layanan penukaran uang umum dengan melibatkan 11 Bank yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (30/6/2016).

Terlihat 11 armada bus kas keliling masing-masing bank parkir di Lapangan Benteng Medan guna melayani masyarakat atas kebutuhan pecahan uang rupiah. Jenis uang pecahan rupaih yang disediakan diantaranya pecahan Rp 2000, Rp 5000, Rp 10.000 dan Rp 20.000.

“Setiap warga diperbolehkan menukar uang hanya satu kali kesempatan dengan maksimal nominal Rp 3.700.000. Syarat penukaran hanya dengan membawa KTP untuk didata oleh petugas, guna menghindari penukaran ganda,” sebut Yusparman, Asisten Manajer BI Wilayah Sumut saat ditemui di lokasi.

Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Difi Johansyah saat dikonfirmasi sebut bahwa penukaran uang ini sudah dimulai pada 20 Juni 2016 lalu dan akan berakhir pada besok 1 Juli 2016.

Jadwal penukaran dibuka Senin hingga Jumat , mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB, khusus hari Jumat tutup pada pukul 12.00 WIB.

Fauzal Nasution warga Kota Medan yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal saat ditemui di lokasi bilang penukaran uang oleh Bank Indonesia Sumut sangat membantu dirinya. Fauzal sebut uang pecahan itu akan dibagikan kepada sudaranya di kampung halaman saat lebaran nanti.

“Uang yang diberikan adalah uang baru dan bagus, nanti uangnya buat mudik lebaran ke kampung Bang. Saya  berharap penukaran uang seperti ini bisa terus dilakukan pada tahun selanjutnya,” ujarnya.  

Kebanyakan pengunjung yang hadir mengaku akan membagikannya uang pecahan rupiah itu  kepada sanak saudaranya di kampung halaman.

Untuk mengamankan proses penukaran, personel kepolisian terlihat berada di lokasi  guna menjaga penukaran agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.(Ded)

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles