spot_img

IZI Sumut Ajak Anak Yatim Belanja Gratis untuk Lebaran

MENARAnews, Medan (Sumut) – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumut menggelar acara Belanja Bareng Yatim (BBY) di Transmart Carrefour, Senin (27/07/2016). Acara ini diselenggarakan berkat kerjasama dengan, Lembaga Kemanusiaa Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), Transmart dan Bank Sumut Syariah. 

BBY juga serentak dilakukan di Indonesia sejak 19 Juni 2016. Total pesrt yang ikut mencapai 10000 peserta. Tak hanya anak yatim, kaum dhuafa dan lansia ikut dalam acara ini. 

“Acara tersebar di 17 Kota di seluruh Indonesia, Untuk di Kota Medan diikuti 100 peserta. Dari delapan titik daerah di Kota Medan. Baik dari Brayan, Tuntungan, Denai, Belawan, dan daerah lainnya,” kata Kepala Cabang IZI Perwakilan Sumut, M. Iqbal Fahrezi. 

Bagi setiap anak yatim dan Dhuafa yang mengikuti acara ini mendapat donasi manfaat program sebesar Rp. 300 ribu. Antara lain, Rp. 200 ribu untuk dibelanjakan keperluan lebaran anak, sedangkan sisanya uk keperluan lain. 

Suasana haru sekaligus gembira terlihat saat anak-anak berbelanja dengan para pendamping kelompok.    Beberapa pendamping bahkan tak canggung untuk memakaikan baju dan sepatu kepada anak yang didampingi. 

“Ini bagus nih, warnanya merah. kamu suka?” ,kata seorang pendamping kepada seorang peserta anak yatim. 

Anak itu pun langsung mengiyakan dan menaruh baju tersebut kedalam keranjang yang dibawanya. 

Acara ini rutin diadakan tiap tahunnya, dan sudah pernah memecahkan rekor MURI dengan BBY terbanyak dan serentak di seluruh Indonesia. “Peserta kali ini meningkat dari sebelumnya 8000 orang menjadi 10000. Dan pogram ini menjadi ciri khas lembaga kita untuk berbagi,” tambah Iqbal disela-sela acara. 

Bahkan acara BBY telah diadopsi oleh lembaga lain. Donasi yang diberikan berasal dari lembaga-lembaga sejenis, donatur dan sponsor. 

“Jadi kita kumpulkan dari komunitas-komunitas yang punya program sejenis seperti ini,” pungkasnya. (yug) 

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles