12 Juni Pendaftaran Panwascam Dibuka

MENARAnews, Jambi – Setelah dilakukan pelantikan Panitia Pengawas (Panwas) beberapa waktu lalu untuk tiga Kabupaten yang akan menggelar Pilkada 2017, yakni Muarojambi, Sarolangun, dan Tebo, saat ini tengah disibukkan dengan persiapan perekrutan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Setelah sebelumnya telah menyepakati terkait penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Hal ini seperti diakui Pimpinan Panwas Kabupaten Muarojambi, Yasril, saat dihubungi via telepon, Kamis (9/6/16) kemarin. 

“Tahapan kita terus berjalan hingga penetapan tahapan Pilkada 2017 diketok palu. Beberapa waktu lalu kan kita telah menyepakati dengan Pemkab setempat terkait NPHD,” akuinya.

Lalu untuk tahapan selanjutnya, Panwas Muarojambi, akan segera melakukan perekrutan tenaga anggota Panwascam yang akan membantu kinerja Panwas dalam pengawasan di tingkat kecamatan.

“Kita segera akan rekrut anggota Panwascam. Rencananya perekrutan akan dilakukan dari 15 hingga 22 Juni mendatang secara terbuka dimasyarakat,” jelasnya.

Bicara mengenai anggaran yang akan digunakan untuk perekrutan Panwascam, Yasril belum bisa memastikan jumlah anggaran yang akan digunakan, tetapi Panwas Muarojambi memastikan anggaran akan diambil dari pencairan NPHD tahap pertama.       

“Kalau anggaran perekrutan belum tahu berapa nominal yang akan digunakan, yang jelas anggaran dari pencairan pertama NPHD anggaran Pilkada Muarojambi. Dan saat ini sedang proses pencairan,” terangnya.

Hal senada juga diakui Ketua Panwas Tebo, Gaman Sakti. Dirinya mengatakan, tahapan yang sedang berjalan di Tebo saat ini yakni mempersiapkan perekrutan tenaga anggota Panwascam, terkait rencana penjadwalan perekrutan.

“Kita masih persiapan untuk perekrutan Panwascam, yang dijadwalkan akan dilakukan pada 20 Juni ini,” paparnya.

Namun, Panwas Tebo juga sedang melakukan pemetaan anggaran yang akan digunakan sesuai surat edaran Perbawaslu dari Menteri Keuangan tanggal 25 Mei 2016, berhungungan dengan keuangan atau honor Panwas hingga TPS. Kalau ada kekurangan bisa diajukan ke Pemda Tebo.

“Soal anggaran ini kan mengacu pada NPHD yang yang telah disepakati beberapa waktu lalu, senilai Rp 3,7 miliar. Namun kalau mengacu pada Menteri Keuangan Nomor S417/.02/2016 per tanggal 25 Mei 2016, tentang honor penyelenggara Pilkada masih kurang, makanya kita lakukan mapping untuk mengetahui pembiayaan yang akan dibutuhkan,” bebernya.

Pimpinan Panwas Sarolangun, Rofiko, juga mengatakan hal yang sama. Panwas Sarolangun Hingga kini sedang melakukan tahapan untuk perekrutan Panwascam.

“Kita kemarin sosialisasi untuk melakukan Perekrutan Panwascam,” ujarnya.

Tetapi pihaknya belum memastikan jadwal perekrutan Panwas secara pasti, Panwaslu Sarolangun akan berkoordinasi dahulu dengan Bawaslu Provinsi Jambi.

“Kalau untuk perekrutan itu pasti. Tapi kalau jadwal kita akan koordinasi dengan Bawaslu. Apakah tiga kabupaten akan dilaksanakan serentak atau jadwal dari masing-masing Panwas. Kalau jadwal kita akan dibuka 13 Juni ini,” tandasnya.(GWA)

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles