spot_img

Siklus Kenaikan Harga Bahan Pokok Sekitar 5%

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Menjelang Bulan Suci Ramadhan, harga bahan pokok terkadang mengalami kenaikan karena kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dalam menghadapi Bulan Puasa.

”Sejak beberapa minggu lalu, harga bahan pangan pokok Seperti Telur, Daging, Cabai, dan Bawang mengalami kenaikan yang tidak terlalu signifikan, hanya sekitar 5%, Sementara itu, siklus perbandingan kenaikan harga tahun 2015 dan tahun 2016 khusus di bulan Mei mengalami penurunan terutama telur”, ujar Kasi Perdagangan dan Promosi Disperindag Kabupaten Pandeglang Yuhana saat ditemui Wartawan MENARAnews di ruangannya. (24/05/2106)

Menurut Yuhana, penyebab utama kenaikan harga tersebut adalah permintaan dari masyarakat yang cukup tinggi, banyaknya hajatan menjelang Ramadhan, dan pengangkutan bahan pokok dari satu tempat ke tempat lain (transportasi).

“Berdasarkan aturan yang berlaku, pihaknya ditugaskan hanya sekedar memantau harga kecuali beras.”, tambahnya.

“Kendala yang dialami adalah jarak antara Kantor Disperindag dan pasar yang ada di Pandeglang cukup jauh untuk mengumpulkan data-data siklus harga pasar yang dilakukan setiap hari Senin. Selain itu, adanya perbedaan harga bahan pokok pada masing-masing pasar atau penjual”, tutupnya. (Nisaz)

 

Editor: Irdan

{loadposition media-right}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles