spot_img

Pelantikan Gubernur Kalteng Kembali Tertunda

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemerintah Provinsi melalui Pejabat Gubernur Kalteng Hadi Prabowo sebelumnya mengatakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng terpilih 2016-2021 Sugianto Sabran dan Habib Said Ismail akan dilantik sekita tanggal 24 Mei 2016 nanti.

Hal ini disampaikan Hadi dalam pada saat membuka kegiatan karnaval festival budaya isen mulang yang dilaksanakan rabu (18/05/2016) kemarin di Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Menteri Dalam Negeri telah mengagendakan pelantikan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2016 nanti di Jakarta bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta.

“Saya ditelepon Dirjen Otonomi Daerah RI bahwa pelantikan diundur pada tanggal 25 Mei 2016. Tidak jadi tanggal 24 Mei. Padahal hari ini kita sudah kirim Assiten Bidang Pemerintahan dan Kepala Biro Hukum untuk mengikuti rakor di Jakarta,” kata Hadi dalam Konfrensi Pers di Aula Hasundai Gubernur Kalteng Kamis (19/05/2016) di Palangka Raya.

Hadi menjelaskan, dirinya belum mengetahui pasti alasan penundaan yang disampaikan oleh Pemerintah Pusat terkait pelantikan tersebut dan kepastian pelantikannya sendiri tergantung oleh Pemerintah Pusat. Sejauh ini Pemerintah Provinsi sudah melakukan upaya koordiansi terkait pelantikan dan yang jelas ujarnya Pemerintah Pusat sudah mempersiapkan semua agenda terkait pelantikan, termasuk melakukan koordinasi dengan Gubernur terpilih.

“Setelah mendapat kabar dari Dirjen Otda, saya langsung menelpon Pak Sugianto. Beliau juga sudah siap untuk dilantik,”ucapnya.

Kembali direncanakan Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng terpilih akan diselenggarakan di Istana Negara Jakarta Pusat dari Kalimantan tengah sendiri ujar Hadi kembali, kemungkinan dihadiri FKPD, SKPD, DPRD Provinsi Kalteng dan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Siun Jarias mengatakan, setelah pelaksanaan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubenur Terpilih akan dilaksanakan kegiatan penyambutan di Kota Palangka Raya.

Dengan adanya pergeseran tanggal pelantikan tersebut, perayaan upacara HUT Provinsi Kalteng yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2016 akan dipimpin oleh Pejabat Gubernur Kalteng yakni Hadi Prabowo selaku insfektur upacara.

” Kita akan kembali melakukan koordinasi terkait penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur usai dilantik nanti karena belum ada gambaran bagaimana acara penyambutan ya,” tutupnya. (Arliandie)

 

Editor : Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles