BPP- KNPB : Jumlah Aktivis KNPB yang Ditangkap Mencapai 2.024 Orang

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (BPP- KNPB) merilis laporan resmi penangkapan paska demo damai 2 Mei 2016 yang mencapai 2024 orang.

“Kami memiliki data valid terkait penangkapan aktivis KNPB pada 2 mei 2016 yang mencapai 2.024 orang,” kata Bazoka Logo Jubir KNPB, Selasa (10/5/2016) saat di temui di Ekspo Waena.

Menurut Bazoka, Penangkapan 2024 orang ini terjadi dalam Aksi demo damai Rakyat Papua Yang dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB), untuk Mendukung Pertemuan Internasional Parlementarian For West Papua (IPWP) dan Mendukung ULMWP mewakili Rakyat Papua menjadi anggota penuh MSG, sekaligus juga Menolak hari Aneksasi Bangsa Papua Barat dalam kekuasaan Indonesia sejak 1 Mei 1963 yang Indonesia sebut sebagai hari integrasi.

“Aksi Nasional pada tanggal 2 Mei 2016 untuk mendukung pertemuan internasional parlementrian for west papua dan mendukung ULMWP menjadi anggota penuh di MSG yang berakhir dengan penangkapan di sejumlah wilayah di Papua dan luar Papua.” ucapnya.

Dikatakan, penangkapan terhadap 2024 orang itu mematahkan opini yang selama ini dibangun oleh pemerintah, Jakarta dan Polda Papua serta TNI bahwa yang bicara Papua Merdeka itu hanya segelintir orang.

“Penangkapan tanggal 2 Mei 2016 tercatat sebagai penangkapan terbanyak dalam satu hari.  Penangkapan ini mematahkan opini pemerintah indonesia dan Polda Papua bahwa orang papua tidak berteriak merdeka tapi bicara pembangunan dan kesejahtran,” ujarnya.

Ones Suhuniap sekretaris Umum KNPB mengatakan, Penangkapan yang dilakukan oleh Aparat Kepolisian adalah bukti pembungkaman demokrasi di Atas Tanah Papua. Kami memiliki data valid dimana 2.024 orang aktivis KNPB ditangkap dan sekitar 4 orang aktivis KNPB masih ditahan.

“Dari data yang kami punya, sebanyak 2024 orang yang ditangkap. Dari jumlah ini, empat orang masih ditahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, demo damai tersebut dilaksanakan di berbagai daerah di Papua. Mulai dari Sorong sampai Merauke. Bahkan di Luar papua seperti KNPB konsulat Gorontalo, KNPB konsulat Manado dan KNPB konsulat Makassar juga melakukan demo.

“Aksi demo damai tersebut di laksanakan di beberapa kota di Papua. Antara lain, KNPB wilayah Merauke, KNPB wilayah Asmat, KNPB wilayah Yahukimo, KNPB wilayah Pengunugan bintang, KNPB Wilayah Yalimo, KNPB wilayah Baliem swamena, KNPB wilayah sentani KNPB wilayah Sorong, KNPB wilayah Timika, KNPB wilayah Nabire, KNPB wilayah Manokwari KNPB wilayah sorong, KNPB wilayah Biak, KNPB wilayah Kaimana dan KNPB fak-fak,” tuturnya. (Surya).

{adselite}

Comments
Loading...
error: Content is protected !!