spot_img

Pertumbuhan Penduduk Perlu Diantisipasi

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pertumbuhan penduduk yang tak terkendali akan menimbulkan pengaruh buruk baik itu pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan hidup.

Walikota Riban Satia, melalui Asisten II Kesejahteraan Rakyat Kota Palangka Raya Gunawan Abel, mengatakan, lajunya pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dapat menjadi momok bagi perekonomian dan kemajuan suatu daerah.

Minimnya lapangan kerja maupun ketersediaan lahan produktif akibat terus bertambahnya penduduk menjadi perhatian saat ini.

“Bisa kita bayangkan apa yang terjadi beberapa tahun mendatang yang akan dirasakan oleh anak cucu kita jika pertumbuhan penduduk dibiarkan dan tidak dikendalikan, akan mempengaruhi berbagai sektor, baik sektor sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya,” kata Gunawan Abel saat menggelar acara sosial pengendalian penduduk, Kamis (21/04/2016).

Dikatakan, terjadinya pertambahan penduduk yang pesat juga mempengaruhi sempitnya lapangan pekerjaan sehingga mengakibatkan banyak keluarga yang tidak mempunyai mata pencaharian, hal ini akan semakin menambah faktor-faktor kemiskinan.

Suatu keluarga yang mempunyai anak banyak akan sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, selain itu akan terbentuk keluarga yang kurang berkualitas karena orangtua tidak dapat memberikan kesejahteraan untuk anak-anaknya.

Ia mengatakan, adanya faktor-faktor kemiskinan seperti diatas dapat menghambat sulitnya mewujudkan masyarakat yang berkualitas dimulai dari satu keluarga.

Yang dimaksud keluarga berkualitas adalah keluarga yang sejahtera sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggung jawab, harmonis, dan bertaqwa, kepada Tuhan yang maha esa, dan Salah satu misi dari keluarga berencana yaitu memberdayakan masyarakat untuk membangun keluarga berkualitas.

Maka untuk mencapai keluarga yang berkualitas pemerintah mengharapkan seluruh dukungan masyarakat untuk mensukseskan program keluarga berencana dengan motto “Dua Anak Cukup”.

Sehingga pertumbuhan penduduk dapat terkendali seperti kita ketahui bersama laju pertumbuhan penduduk Kota Palangka Raya untuk saat ini masih berkisar 1,79 sementara yang harus kita capai 1,49. (Kontributor)

Editor : HIdayat

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles