spot_img

Papua Barat Gelar Musrembang di Sorong

MENARAnews Sorong (Papua) – Pemerintah Provinsi Papua Barat melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi tahun 2016 yang diikuti oleh 11 Kabupaten dan satu kota di Gedung Pertemuan Kabupaten Sorong, Aimas Center, Kamis (14/4/16) pagi.

Gubernur Provinsi Papua Barat, Bram Octovianus Atururi mengatakan, anggaran daerah harus bermanfaat dan berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan nasional daerah. Selain itu kebijakan anggaran belanja yang dilakukan tidak berdasarkan Money Follow Function, tetapi harus Money Follow Program Prioritas, sehingga tidak perlu semua tugas dibiayai merata.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi Papua Barat, terdapat empat tahap, yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dimana, RPJM Tahun I (2006-2011) menjadikan Provinsi PB yang mandiri, dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, pemenuhan kebutuhan prasarana dan sarana wilayah, serta penataan tata kelola pemerintah.

RPJM Tahun II (2012-2016) provinsi papua barat yang mandiri, dengan perwujudan Provinsi PB yan berdaya saing, dalam upaya melanjutkan capaian pokok-pokok kemandirian periode lima tahun pertama. RPJM Tahun III (2017-2021) Papua Barat, memiliki memiliki SDM dan Perekonomian yang beradaptasi terhadap perubahan internal dan eksternel. RPJM tahun IV (2022-2026) Papua Barat sejahtera secara ekonomi wilayah, ekonomi dan sosial.

Kepala Pusat perencanaan Infrastruktur dan perumahan rakyat, Ir. Hadi Sucahyono, MPPh.D sebagai narasumber juga menjelaskan bahwa masih ada beberapa kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, seperti target utama pada perhubungan, pembangunan bandara baru, dan pengembangan dermaga di wilayah Barat.

Selain bandara dan dermaga, kata koordinator wilayah timur, anggaran dari APBN juga di fokuskan untuk pembangunan jalan lintas Papua Barat, yang hingga saat ini masih kurang sekira 700 km. Dan sudah seharusnya fokus program pembangunan itu, di dukung dengan pemanfaatan anggaran secara maksimal dan menitik beratkan pada sektor2 prioritas.(ahr)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles