Facebook Berencana Membayar Konten Yang Dibuat Pengguna

MENARAnews, Internet – Facebook saat ini dikabarkan sedang berencana melakukan eksplorasi sebuah fitur baru yang bisa menguntungkan para pembuat konten di internet. Fitur ini memungkinkan para netizen menghasilkan uang dari konten yang di-posting ke akun facebook.  Jika ini terwujud, Facebook nantinya tidak hanya menjadi platform jejaring sosial, tapi juga menjadi salah satu platform yang bergerak dalam dunia monetizing content.

Indikasi yang menunjukkan bahwa pengguna Facebook nantinya bisa menghasilkan uang dari konten yang mereka posting, berasal dari survey Facebook yang dirilis oleh The Verge. Dalam survey itu, ada suatu petunjuk yang merepresentasikan bahwa pengguna nantinya bisa menghasilkan uang dari konten yang mereka posting ke akun Facebook. Indikasi lainnya yang menunjukkan hal tersebut adalah langkah Facebook yang membuat fitur Instant Article tersedia secara gratis untuk semua pembuat konten di internet.

Saat ini Facebook memang belum menawarkan program bagi para pengguna untuk menghasilkan uang dari konten yang mereka buat, namun baru-baru ini, Facebook sedang melakukan uji coba yang menampilkan sebuah iklan yang akan tampil setelah video yang dibuat oleh penerbit selesai diputar, dan kemudian berbagi uang dengan penerbit tersebut.

“Langkah ini masih sangat awal dan masih dalam proses pertimbangan, namun kami berkomitmen untuk menyediakan model bisnis monetizing content yang bersifat jangka panjang dan berkelanjutan untuk semua partner kami,” ujar salah satu juru bicara Facebook.

Seperti dikutip dari The Verge, langkah Facebook bergerak dalam dunia monetizing content kemungkinan juga dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan dalam dunia jejaring sosial. Selama ini Facebook berjuang cukup keras dalam kompetisi dengan jejaring sosial lainnya, seperti Twitter dan Snapchat. Untuk bersaing dengan para kompetitornya itu, Facebook bahkan membayar beberapa penerbit konten untuk menghadirkan video uniknya di platform Facebook.

Langkah Facebook untuk bertransformasi menjadi platform monetizing content memang belum begitu jelas dan pasti, karena hal tersebut masih berdasarkan survey dan beberapa indikasi lainnya, namun demiikan jika hal ini terwujud, pasti akan sangat menarik bagi para pembuat konten di Internet. (ADF)

{adselite}

Comments
Loading...
error: Content is protected !!