spot_img

Departemen Ilmu Politik USU Adakan Seminar Hubungan Bilateral Indonesia dan Kanada

MENARAnews, Medan (Sumut) – Sebagai salah satu negara maju peringkat kesepuluh di dunia, Kanada banyak melakukan kerjasama bilateral baik dalam ekonomi, budaya dan pendidikan dengan negara lain.

Telah lama membangun kerjasama, Kanada menjadi salah satu negara dalam sejarah Indonesia yang mendukung kemerdekaan Indonesia melalui forum PBB pada tahun 1948.

Andriana Supandy selaku Duta Besar Kanada untuk Indonesia banyak memaparkan kondisi pembangunan di Kanada dan hubungan bilateralnya dengan Indonesia. Seminar tersebut juga dipandu oleh Akademisi Ilmu Politik, Dr Muryanto Amin di Gedung Pasca Sarjana Magister Studi Pembangunan (MSP) USU, Selasa (19/4/16).

Dalam pemaparannya, Andriana menyampaikan bahwa Indonesia menjadi salah satu mitra pembangunan. Banyak perusahaan Kanada berkembabg di Indonesia, selain itu ada juga perusahaan Indonesia yang sudah maju seperti Paper Excellence dan Mustika Ratu.

Hubungan Indonesia dan Kanada juga menjalin hubungan bilateral melalui Forum Konsultasi Bilateral yang diadakan setiap lima tahun sekali. Dalam forum itu disepakati Road Map/ Plan of Action sebagai pedoman arah kerjasama.

Dalam bidang pendidikan, Kanada banyak melakukan program pertukaran pelajar sejak tahun 1974 dan merupakan program tahunan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pameran budaya juga sering diadakan di Kanada untuk memperkenalkan kekayaan Budaya Indonesia.

Disinggung tentang peran pemuda dalam pembangunan, Andriana mengatakan bahwa pemuda sangat dilibatkan dan diterima oleh Pemerintah Kanada sebagai bagian yang tidak sedikit berkontribusi.

“Kanada sangat memperhatikan pemuda sebagai subjek pelaku pembangunan. Kanada juga sangat fokus dalam isu Hak Asasi Manusia dan isu-isu Internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kanada juga membuka keran investasi dalam pembangunan khususnya di Sumatera Utara, baik kegiatan ekspor maupun impor komoditas.

“Tidak tertutup kemungkinan Pemerintah Kanada akan menjalin hubungan kerjasama di bidang ekonomi dengan Sumut, jika itu tujuannnya baik dan untuk pembangunan,” pungkasnya. (Ded)

{adselite}

{loadposition whatsnew}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles