spot_img

14.595 Kg Raskin Mulai Didistribusikan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Beras Miskin (Raskin) atau yang sering disebut Beras Rakyar Sejahtera (Rastra) hari ini mulai didistribusikan oleh Bulog Cabang Divre Palangka Raya kelima kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan publik Bulog Drivre Palangka Raya, Rusli Pisol, bahwa pihaknya hari ini mulai mendistribusikan Raskin/Rastra kesetiap kelurahan guna selanjutnya dapat dinikmati oleh masyarakat yang masuk sebagai penerima raskin/rastra.

“Saat ini kita mulai mendistribusikan beras Raskin/Rastra Periode Januari hingga Maret, hari pertama Kelurahan Pahandut dan akan berlanjut terus hingga seluruh keluarahan yang ada di Palangka Raya,” ujarnya saat dibincangi MENARANews ketika mengecek kesiapan di Gudang Bulog, Kamis (28/4).

Dikatakannya, untuk pendistribusian kali ini hanya untuk satu kelurahan, sebab tidak mungkin sekaligus akan didistribusikan, sehingga secara bertahap pendistribusian Raskin/Rastra kesetiap Kelurahan.

“Ada 973 Rumah Tangga Sasaran (RTS) dengan masing-masing mendapatkan 15 kg per-RTS, sehingga pada hari ini kurang lebih 14.595 Kg yang kami distribusikan untuk Kelurahan Pahandut,” tukasnya.

Ia membeberkan, Raskin/Rastra tersebut bisa dibeli oleh masyarakat hanya dengan harga Rp 1.600/kg. “Pendistribusian sendiri tidak langsung ke RTS melainkan ke titik yang sudah ditentukan oleh kelurahan masing-masing, misalkan di kelurahan atau di kecamatan sehingga RTS yang akan datang langsung,” tegasnya.

Imbuhnya, pengawasan di lapangan juga akan dilakukan oleh pihak Divre Bulog guna memastikan beras tersebut sampai kepada masyarakat yang seharusnya, namun pengawasan tersebut tidak dilakukan sediri, sebab Dinas Sosial Kalteng akan ikut mengawasi.

“Pendistribusian kali ini terbilang lambat, sebab ada beberapa permasalahan yang dihadapi salah satunya adalah harus mengevaluasi atau memperbaharui data base para penerima RTS,” tutupnya.

Waktu yang sama, Kasi Pemberdayaan Fakir Miskin Kalteng, Sukarno, mengatakan bahwa pihaknya disini sebagai pengawasan, baik pengawasan pendistribusian dan juga pengawasan penerima RTS.

“Kita akan membantu pengawasan pendistribusian Raskin/Rastra, hingga sampai kekelurahan, seperti hari ini kita akan ikut mendistribusikan raskin/rastra hingga kekelurahan,” singkatnya. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles