spot_img

PRSU, Erry Minta Pemkab Maksimalkan Potensi Daerah melalui Paviliun

MENARAnews, Medan (Sumut) – Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) resmi dibuka malam tadi oleh Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Jumat (18/3/2016). Event akbar ini akan digelar 30 hari kedepan, sejak tanggal 18 Maret – 18 April 2016.

Malam pembukaan diawali dengan atraksi kesenian dari Kabupaten Nias Utara selaku tuan rumah pada event akbar di Sumut itu. Tarian sekapur sirih dan Famadogo Ono ditampilkan sebagai persembahan pada pembukaan. Tak hanya itu, lompat batu khas nias juga disuguhkan kepada undangan dan masyarakat yang datang untuk menonton. 

Tengku Erry mengatakan bahwa PRSU kali ini diharapkan bisa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena banyak yang menilai, dari tahun ketahun PRSU tidak memiliki inovasi dalam rangkaian acaranya. 

“Ini adalah New PRSU, apalagi PRSU sudah berusia 45 tahun, kita lihat dari tahun ke tahun PRSU ini seperti itu saja. Tapi harini kita sudah ada melihat perubahan sedikit-sedikit. Mudah-mudahan eperti itu sampai habis,” katanya.

Erry juga menyayangkan, paviliun-pavilin daerah yang ada di PRSU hanya digunakan pada event PRSU. Dia meminta agar kedepannya paviliun itu bisa difungsikan sebagai objek wisata. 

“Lokasi yang strategis berada di Kota, rasanya sayang kalau hanya dimanfaatkan sebulan dalam setahun.Padahal ini sudah terbangun rumah-rumah adat di Sumatera Utara. ini adalah ciri keragaman Sumatera Utara. 

Dia sudah membuat kesepakatan dengan pemerintah kabupaten/kota untuk memfungsikan kembali paviliun yang ada. Sehingga nantinya tidak ada lagi paviliun yang kosong ketika tidak ada perhelatan PRSU. 

“Pemerintah provinsi sudah membuat MoU untuk pemkab, untuk itu, paviliun yang ada di PRSU, bisa, paling tidak bisa dimanfaatkan oleh pemerintah kabupaten/kota,” ujarnya. 

Pantauan dilokasi, wahana yang ada di PRSU masih sepipengunjug.Lalu lintas di Jalan Gatot Subroto juga terlihat padat merayap. Beberapa petugas tampak siaga jaga di tiap prsimpangan menuju PRSU. (Yug)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles