spot_img

Unja Siap Bantu KPU Kurangi Angka Golput

MENARAnews, Jambi – Jajaran Civitas Akademika di Universitas Jambi (Unja) siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi dalam rangka mengurangi jumlah pemilih yang tidak menyalurkan hak pilihnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Muaro Jambi, Rabu 15 Februari 2017, tahun depan.

Hal ini ditegaskan Wakil Rektor II Unja, Prof Dr Aprizal Lukman MPd saat menerima kunjungan Safari Pilbup 2017 KPU Kabupaten Muaro Jambi di ruang kerjanya, Kamis (18/2/16), kemarin.

”Terima kasih atas kedatangannnya. Kami Insya Allah siap membantu KPU Muaro Jambi dalam Pilbup 2017, terutama guna mengurangi jumlah pemilih yang tidak datang ke TPS,” kata Aprizal. 

Menurutnya, dia tidak sependapat dengan istilah bagi pemilih yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tidak hadir ke TPS dengan sebutan golongan putih atau Golput. 

”Seharusnya mereka itu dikategorikan Golongan Hitam (Goltam) saja. Karena tidak mau menyalurkan haknya dalam rangka memilih pemimpin,” jelasnya.

Aprizal menegaskan permasalahan banyaknya pemilih yang tidak mau hadir di TPS pada saat hari pemungutan suara untuk menyalurkan hak pilihnya merupakan permasalahan bersama. Untuk itu pihaknya bersama-sama dengan mahasiswa akan membantu sosialisasi ke masyarakat. 

”Sehingga nantinya mereka yakin untuk ikut memilih pemimpinnya. Karena jika terpilih pemimpin yang tidak baik. Tentu para golongan hitam ini juga ikut berpartisipasi terpilihnya pemimpin tersebut,” lanjut Aprizal. 

Sedangkan Ketua KPU Muaro Jambi, Edison SE menyatakan kunjungan mereka dalam rangka mensosialisasikan hari dan tanggal pemungutan suara Pilbup Muaro Jambi tahun 2017, yakni Rabu, 15 Februari 2017. Serta dalam rangka menjalin komunikasi untuk kerjasama dengan Unja dalam Pilbup 2017. 

”Kita ingin agar nantinya mahasiwa maupun dosen yang memenuhi syarat sebagai pemilih bisa mendapatkan informasi terkait Pilbup 2017 dengan baik,” ujar Edison yang didampingi anggota KPU Muaro Jambi Divisi Sosialisasi, Raden Syahruddin, SAg dan Anggota Divisi Hukum, Suparmin SH MH serta Sekretaris KPU Muaro Jambi, Syamsuddin SE dan staf terkait. 

Selanjutnya, KPU Muaro Jambi membuka diri untuk meminta masukan, saran dan kritikan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih, maupun dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pilbup. 

”Yang pada akhirnya akan meningkatkan partisipasi pemilih dan terpilihnya pemimpin Muaro Jambi yang baru,” tukasnya. 

Sedangkan Raden Syahruddin menyatakan nantinya akan dilakukan kegiatan sosialisasi yang masif di kampus Unja Mendalo Darat yang melibatkan pihak Rektorat Unja. 

”Dengan sasaran peserta adalah dosen maupun mahasiswa yang merupakan warga Muaro Jambi,” kata Raden. 

Kemudian, Suparmin menegaskan pertemuan pertama dengan jajaran Rektorat unja tersebut nantinya akan dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya dalam rangka membantu melaksanakan pendidikan politik di kampus orange tersebut. 

”Kami siap menjadualkan diskusi maupun kegiatan di Unja di masa-masa mendatang,” ujar Suparmin. 

Diterangkannya, kegiatan silaturrahim ke jajaran Rektorat Unja tersebut merupakan bagian dari program Safari Pilbup Muaro Jambi 2017 yang sedang dilaksanakan KPU Muaro Jambi. Yakni dengan mendatangi berbagai kalangan mulai dari media massa, kampus, mahasiswa, sekolah, tokoh masyarakat, tokoh adat, maupun pihak terkait lainnya untuk meminta dukungan, masukan, kritikan dan saran. 

”Sehingga nantinya Pilbup Muaro Jambi tahun 2017 akan bisa berjalan dengan sukses, aman dan lancar. Serta terpilih Pemimpin Muaro Jambi yang baru yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (GWA)

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles