spot_img

Tunggu Pemulangan, Warga Eks Gafatar Donor Darah

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) Puluhan warga Eks. Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) melakukan kegiatan donor darah meski saat ini sedang berada di penampungan. Kegitan tersebut atas inisiasi salah satu tokoh Gafatar yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kalteng.

Menurut Penggerak Donor Darah, Lutfhy Candara bahwa kegiatan yang dilakukannya adalah kegiatan spontan yang sudah sering dilakukan bersama PMI Kalteng sembari menunggu putusan Pemprov Kalteng.

“Kegiatan donor kali ini karena kita juga melihat stok darah di Kalteng kurang. Rencanaya kita menargetkan 100-150 kantong, namun juga melihat kondisi dari  kesehatan temen-temen Eks Gafatar,” ucapnya saat diwawancara MENARAnews, Kamis (18/2/2016).

Kata Lutfi, pihaknya sengaja melakukan kegiatan donor darah di tempat penampungan Dinas Sosial Kota Palangka Raya sebab mereka sudah tidak memeiliki kendaraan lagi untuk berangkat ke PMI Kota Palangka Raya.

“Pada tahun sebelumnya kami juga sudah sering melakukan donor darah sebab ini adalah salah satu program sosial yang kami miliki, sebelum kami dipulangkan kami akan melakukan  program sosial kami, sehubungan dengan Kalteng yang memang minim stok darah,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kalteng Alif, membenarkan bahwa  pihaknya diundang oleh Eks Gafatar untuk melakukan donor darah di lokasi tersebut.

“Yang menggagas kegiatan donor darah adalah para warga eks Gafatar sendiri, karena sebelumnya mereka sudah melihat stok darah yang dimiliki Unit Donor darah (UDD) Kota Palangka Raya minim (kurang), sehingga mereka berinisiatif menghubungi PMI untuk melakukan donor darah,” bebernya.

Darah yang diperoleh nantinya, ungkap Alif akan langsung diserahkan kepada UDD Palangka Raya guna memenuhi stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Sampai sekarang sudah berjumlah 20 Kantong darah yang diperoleh, dari berbagai golongan, sebab ada masyarakat Eks Gafatar yang tidak dapat mengikuti donor darah, malam tadi banyaak yang begadang sehingga kondisi fisik tidak memungkinkan untuk donor darah,” katanya.

Imbunhya, bagi masyarakat yang membutuhkan darah bisa saja datang langsung ke Kantor UDD Palangaka Raya, hanya dengan membayar Rp 365.000 sebagai penggantian kantong darah. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

{adselite}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles