Tak Mendidik, KPAI Minta Stasiun Televisi Untuk Tidak Menayangkan Sinetron

MENARAnews, Pendidikan – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai bahwa sinetron-sinetron yang beredar di beberapa stasiun televisi di Indonesia tidak layak tayang karena tidak memberikan edukasi yang baik bagi anak Indonesia.

Oleh karena itu, Komisioner KPAI, Maria Ulfah Anshor meminta kepada pengelola stasiun televisi untuk segara menhentikan penayangannya.

“Sinetron yang tayang di beberapa stasiun televisi swasta saat ini berpotensi memberikan pengaruh buruk pada tumbuh kembang anak, yang membuat mereka mengikutinya, sehingga memicu tindakan kekerasan yang dilakukan oleh anak,” kata Maria, Kamis (04/02/2016)

Pernyataan KPAI yang meminta para stasiun televisi untuk tidak lagi menayangkan sinetron ini berdasarkan pengaduan dari masyarakat yang meminta izin yang sinetron itu dicabut. Menyikapi aduan ini, KPAI kemudian memberikan peringatan. Walaupun merespon peringatan dari KPAI, beberapa stasiun televisi ternyata merubah judul tayangannya sementara konten yang ditampilkan tetap tidak mendidik.

“Inilah masalah yang saat ini kita hadapi, tayangan hanya rehat sejenak, setelah itu mereka kembali tayang dengan judul yang berbeda dengan isi yang serupa.

Selain itu, para stasiun televisi terlihat tidak memperhatikan porsi tayangan yang dibutuhkan anak dan waktu tayang sinetron tersebut juga bersamaan dengan waktu bermain anak di rumah. Para stasiun televisi juga seperti hanya ingin mencari keuntungan saja dari penayangan sinetron itu tanpa memperhatikan kondisi konsumen.

“Mereka hanya memandang dari sisi ekonomi sehingga terkesan enggan untuk memperhatikan kalangan anak. Yang ada dipikiran mereka adalah daya beli (ADF)

{adselite}

 

Comments
Loading...