Puluhan Pemuda Deklarasi Percepatan Pemekaran Provinsi Kotawaringin

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Golongan pemuda yang tergabung dalam Daerah Presidium Persiapan Provinsi Kotawaringin (DP2K) melakukan aksi deklarasi percepatan terwujudnya Provinsi Kotawaringin di Tugu Soekarno Palangka Raya. Golongan pemuda itu berasal dari Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara.

Candra Ardinata, selaku Inisiator deklarasi mengatakan, bahwa maksud dan tujuan deklarasi adalah untuk mendorong pemerintah agar  merealisasikan terwujudnya Provinsi Kotawaringin.

“Kita mendorong persiapan pembentukan Provinsi Kotawaringin yang sudah lama itu digaung-gaungkan namun masih belum terwujud, sedangkan wacana itu sudah sejak masa reformasi kurang lebih hingga saat ini sudah 12 tahun,” jelasnya saat diwawancarai MENARAnews, Selasa (16/2/2016).

Lanjut Candra, pihaknya juga mengimpun semua elemen baik itu pemuda dan juga masyarakat bersama-sama untuk mewujudkan suatu provinsi baru dan otonomi yang baru bernama kotawaringin, bahkan selurauh masyarakat sudah lama menatikan wacana tersebut bisa segera terwujut.

“Kami sudah melakukan gerakan-gerakan masyarakat dan melakukan diskusi bersama pemuda-pemuda serta tokoh masyarakat untuk mendeklarasikan, setelah ini kami juga akan melakukan road show agar lebih masif dan progresif,sebab selama ini masyarakat kalangan bawah masih banyak yang belum tahu,” bebernya lagi.

Dengan kepemimpinan yang akan datang pihaknya meminta kepada pemerintah daerah untuk bisa menyetujui pemekaran tersebut, sebab semua yang dibutuhkan dalam membangun pemekaran provinsi baru sudah dimiliki oleh Kotawaringin.

“Harapan kita dengan kepemimpinan yang baru nanti untuk menyetujui pembentukan pemekaran Provinsi Kotawaringin sebab pada tahun ini akan dibahas RPP sampai dengan tahun 2025, bila Kotawaringin tidak masuk pada tahun ini akan menunggu hgingga 10 tahun lagi itu yang kita kuatirkan,” tukasnya.

Imbuhnya, dengan adanya pemekaran masyarakat Kotawaringin akan mendapatkan pembangunan yang baik dan juga kesejahteraan, sebab ada tiga kabupaten sebelumnya yang dimekarkan kini sudah mendapatkan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Dengan pemekaran pembangunan tentunya akan ada pemerataan pembangunan dan kesejahteraan, kita bisa lihat sebelumnya pada pemekaran kab. Seruyan, Kab. Lamandau dan Kab Sukamara, memang ada segelintir orang yang tidak setuju namun buktinya kabupaten peekaran tersebut bisa maju,” imbuhnya.

Sementara itu, Salah satu Masyarakat Sampit Agung, mengatakan bahwa dengan adanya pemekaran tentunya semua daerah yang ada di Kotawaringin akan mendapatkan pembangunan yang sama rata.

“kita melihat masih banyak daerah terpencil yang belum terjamah pembangunan, diharapkan nantinya apabila terwujud daerah pemekaran ini semua bisa mendapatkan kesejahteraan yang merata baik segi pembangunan maupun masyarakatnya,” ujarnya.(Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

{adselite}

Comments
Loading...