spot_img

Pleno KPU Kalteng Diwarnai Aksi Ujuk Rasa

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Susulan di Hotel Aquarius Palangka Raya, Jum’at (05/02/2016) diwarnai aksi ujuk rasa yang dilakukan puluhan pendukung pasangan calon Willy M.Yoseph dan Wahyudi K.Anwar (WIBAWA) dari Kabupaten Murung Raya.

Pantauan MENARAnews di lapangan, aksi unjuk rasa ini sempat dihalau ratusan aparat kepolisian yang sudah berjaga-jaga di area. Sementara Koordinator aksi unjuk rasa Ubang GB Silam menyampaikan, aksi ini merupakan bentuk penolakan warga terhadap politik uang yang terjadi dalam pelaksanaan Pilkada Kalteng yang penuh dengan kecurangan.

“Kalau dari pendukung pasangan Willy-Wahyudi, terkait masalah hasil suara tidak kita permasalahan. Tapi lebih kepada money politic atau politik uang yang terjadi dalam pelaksanaan Pilkada kemarin,” ujar Ubang dikonfirmasi.

Dia menilai, pelaksanaan Pilkada terlalu banyak kecurangan yang terjadi dan kecurangan ini katanya, tetap akan dibawa ke ranah hukum melalui Mahkamah Konstitusi (MK) nanti.

Dia menginformasikan, masyarakat yang melakukan aksi demo direncanakan sekitar lebih kurang 1500 massa. Udang mengaku, sejumlah masa sebagian ditahan untuk tidak berorasi di depan Hotel Aquarius.

“Kita menjamin pelaksanaan Pleno yang diselenggarakan hari ini aman dan tidak akan terganggu dengan aksi kita, kita jamin itu,” tegasnya.

Pelaksanaan Pleno sendiri dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi. Sejumlah peserta kegiatan atau undangan dilakukan sterilisasi di tiga titik. Yang pertama pemeriksaan di depan pintu Hotel Aquarius, Depan Lift Gedung Lantai 3, dan di depan ruang rapat.

Berdasarkan hasil Rekapitulasi perolehan suara sementara yang sudah dibacakan, Kabupaten Kotawaringin Barat Pasangan nomor urut 1 SOHIB memperoleh suara sebanyak 59.551 dan pasangan nomor urut 2 WIBAWA memperoleh suara sebanyak 42.600.

Kabupaten Kotawaringin Timur, SOHIB memperoleh suara sebanyak 100.896 dan WIBAWA memperoleh suara sebanyak 63.767. Kabupaten Kapuas SOHIB memperoleh suara 81.316 dan WIBAWA memperoleh 58.408 suara.

Di Kabupaten Barito Selatan, SOHIB memperoleh 31.417 suara dan WIBAWA memperoleh 30.302 suara. Kabupaten Barito Utara SOHIB memperoleh 29.801 suara dan WIBAWA memperoleh 24.872 suara.

Untuk Kabupaten Katingan, SOHIB sebanyak 26.724 suara, dan WIBAWA memperoleh 33.652 suara. Sementara untuk hasil rekapitulasi di Kabupaten Seruyan dilakukan skorsing karena terjadi beberapa perbaikan yang dianggap kesalahan administrasi.(Arliandie)

Editor : Raudhatul N.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles