Pelantikan Bupati Kotim Dilakukan di Palangka Raya

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Masyarakat Kotawaringin Timur (Kotim) dipastikan akan segera mendapatkan Bupati dan wakil Bupati definitive. Pasalnya, Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur terpilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, yakni Supian Hadi dan HM Taufiq Mukri, dipastikan akan dilaksanakan besok, Rabu (17/2/2016).

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Sekda Provinsi Kalteng Slamet Winaryo. Menurutnya, pelantikan yang dilakukan di Kota Palangka Raya tersebut akan dilakukan oleh Pj Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Hadi Prabowo atas nama Presiden Republik Indonesia.

Dalam pelantikan akan dihadiri oleh seluruh pejabat setempat dan seluruh pejabat pemerintah Kabupaten Kotawaringin serta beberapa perwakilan dari pemerintah pusat yang dioerkirakan berjumlah 300 undangan.

“Ya, jadwalnya sudah ada. Jadi pelantikanya sudah dapat dipastikan akan dilakukan 17 Ferbruari nanti.  Pelantikan itu juga dilaksanakan serentak dengan bupati maupun walikota terpilih di provinsi lainnya,” katanya, Senin (15/2/2016).

Menurutnya, meski pelantikan dilakukan di Ibukota Provinsi, tapi acara serah terima antara Plt Bupati pada 18 Februari, tetap akan dilakukan di Kotim. Artinya, pelantikan di Palangka Raya hanya bersifat seremonial saja.

Supian Hadi dan Taufiq Mukri terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kotim setelah memenangi Pemilu Kepala Daerah 9 Desember 2015 lalu. Mereka unggul dibanding tiga pasangan calon lainnya dengan angka yang meyakinkan yakni 112.179 suara atau 63,77 persen

Meski sempat digugat ke Mahkamah Konstitusi oleh salah satu pasangan calon, namun gugatan pemohon terhadap KPU ditolak Mahkamah Konstitusi sehingga tahapan bisa dilanjutkan dengan penetapan oleh KPU, disusul DPRD Kotim untuk dilantik.

Kemenangan kali ini mengantarkan Supian Hadi memimpin kotim untuk yang kedua kalinya, yang sebelumnya sudah memimpin pada periode 2010-2015. Masyarakat berharap dalam kepemimpinan kedua nanti, pemerintahan Sahati bisa membawa kemajuan Kotim makin signifikan. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

{adselite}

Comments
Loading...